banner 650x65

Nama : kurnia Syafa Salsabila
Nim : 22230012
Prodi : Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Dalam Kehidupan sosial seorang akuntan sangatlah mementingkan atau mendepankan etika dan agama, mengapa etika dan agama ini hal yang sangat penting dalam kehidupan sosial seorang akuntan ?

Bahwa di negara kita ini yaitu  indonesia, manusia merupakan mahluk sosial , yang sakarang ini berada di  zaman semakin maju/ modern , dimana keislaman pada zaman modern ini sangat semakin kurangnya ilmu-ilmu keislaman, karena etika sebagian  utama yang harus dimiliki manusia , etika yang merupakan salah satu perseoalan esensial dalam kajian keagamaan.  Apa sih hubungan etika dan agama dalam pandangan sosial ini , dan apakah penting dalam kehipuan manusia bagi seorang akuntan?  Etika dan agama  dapat berhubungan mereka saling memnberi fungsi terhadap kehidupan sosial bagi masyrakat indonesia. Etika adalah  tatanan perilku berdasarkan suatu sitem tatana nilai suatau masyarakat yang bersifat menuntun manusia terhadap tingkah laku dan menjauhkan diri dari perilaku buruk. Sedangkan agama suatu kepercayaan yang dimikili setiap manusia, dan agamapun suatu ibadah,  dimana hubungan etika dan agama dalam kehidupan sosial , bahwa etika yang baik yang akan mendukung keberadapan agama, dan etika memiliki peran penting karena dapat membantu manusia dalam menggunakan akal pikiran yang positif untuk memecahkan suatau masalah apapun itu. 

Jadi etika dan agama adalah sebuah nilai yang sangat penting yang tidak dapat dipisahkan, karena kehidupan manusia bahwa mahluk yang menunjukkan dimana manusia tidak dapat hidup sendiri, tanpa bantuan orang lain, melainkan manusia memerlukan satu sama lain, dari status maupun keadaannya.

Bagi seorang akuntan sangat diharusakan memiliki etika dan agama , mengapa demikian dinegara indonesia ini sudah berada di zaman modern, sehingga memiliki isu utama dalam berbagai bidang lebihnya pada bidang politik dan ekonomi , nah jadi yang menjadi isu pertama adalah KORUPSI, yang dimana hal ini pemerintah sudah menetapkan ditetapkan undang-undang nomer 20 tahun 2001, yang menjelaskan tentang pemberantasan korupsi di indonesia. Undang-undang dasar ini telsah menegaskan bahwa adanya korupsi memiliki hal negatif yang dapat merugikan keuangan negara, dan tentu akan melnggar hak-hak sosial dan ekonomi yan g secara cepat akan merugikan masyarakat secara luas.

Di negara indonesia ini korupsi merupakan yang saya ketahui korupsi adalah sebuah tindakan seperti ( menghancurkan, sikap ketidakjujuran, tidak bermoral, kebusukan,, hal yang sangat buruk, bisa juga suatu ucapan atau omongan yang menghina ataupun mengfitnah. Dan adapun pengertian korupsi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), korupsi didefinisikan sebagai sebuah tindakan penyelewengan atau menyalahgunakan uang negara (perusahaan, organisasi, yayasan, dan sebagaimana ) untuk keuntungan pribadi.

Apa saja penyebab korupsi? jadi ada beberapa penyabab korupsi yaitu pertama manusia tersebut memiliki sifat rakus ataupun di kenal dengan sebutan tamak, hal ini karna ingin hidup lebih megah dengan cara berfoya-foya sehungga tidak ada tindakan bagi manusia tersebut selain melakukan koropsi, kedua dari segi lingkungan hidup manusia tersebut, jika lingkungan masyarakat berfikir jahat ataupun kotor maka dapat memberikan suatu dorongan untuk melakukan korupsi, ketiga masyakat yang tak pernah sedikitpun memahami akibat kerugian yang terkena korban korupsi, dan lebih disadari mereka itulah sendiri yang melakukan korupsi, keempat pendapatan yang di hasilkan oleh masyarakat korupsi tidak mencukupi, dan yang kelima kurangnya sistem akuntabilitas yang benar, lemahnya pengawasan dan pengadilan, dan tidak adanya kultur organisasi yang benar. Adapun bahwa masyarakah yang melakukan korupsi ini mereka tidak memahami ataupun memilikir kan bahwa korupsi memiliki dampaknya yaitu lemahnya pertumbuhan ekonomi dan invertasi, semakin rendah kualitas barang dan jasa bagi publik, akan diturunkannya produktivitas, meningkatnya hutang negara, dan turunnya pendapatan dari sektor pajak.

Bahwa dipat disimpulkan bahwa korupsi merupakan tindakan buruk. Sudah jelas dengan beberapa tindakan korupsi yang dilakukan oleh masyarakat manusia akan bertentangan dengan kode etika profesi akuntan, mengapa demikian karena korupsi malah di jadikan hak yang baik untuk mendukung tata kelola perusahaab yang baik, justru dengan kenyataannya tindakan korupsi merusak harapanmasyarakat tersebut. Oleh karena itu marilah kita menyadarkan masyarakat indonesia untuk menghadapi tekanan dari pihak yang telah mempercayainya, bagaimana caranya?, dengan cara diperlukannya Etika,Agama. Dengan mengartikan bahwa etika juga dapat diartikan sebagai etika yang berkaitan dengan adat istiadat atau kebiasaan hidup, bagi seorang korupsi akan memiliki etika apabila mereka memahami nilai norma moral dari etika yang mana harus mereka lakukan perilaku korupsi itu baik atau buruk. Dan juga etika juga harus berdasarkan teorinya.

Disini juga agama sangatlah penting bagi seorang akuntan akan tidak terjadi ataupun melakukan korupsi, bahwa etika juga tidak akan terpisahkan justru berkaitan erat dengan agama. Etika seseorang itu dengan menjalankan profesinya dipengaruhi ajaran agama yang di anutnya, agama merupakan sebuah sikap individu yang berdasarkan nilai agamanya, tidak hanya aspek agama dan menjadi keniatan untuk mempraktekkan yang mrmbentuk sikap dan perilaku etis individu , untuk mendorong mereka berfikir , bertindak, berperilaku yang baik, hal ini yang merupakan sangatlah penting bagi seorang akuntan agar tidak melakukan korupsi.

Catatan : Artikel ini dikirim langsung oleh penulis dan terkait segala konten sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

banner 650x650