banner 650x65

Luwu Utara – Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, akan meluncurkan program Transfer Anggaran Kabupaten Berbasis Ekologi (TAKE).

Program inovatif ini bertujuan untuk mendorong pembangunan berkelanjutan di seluruh desa di Kabupaten Luwu Utara. Dalam sebuah konferensi pers yang diadakan belum lama ini, Bupati Indah menjelaskan bahwa program TAKE merupakan skema insentif transfer keuangan yang didasarkan pada kinerja desa, dengan fokus pada peningkatan Indeks Desa Membangun (IDM) dan pencapaian Indikator Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s).

Pembangunan berkelanjutan adalah upaya yang menggabungkan aspek lingkungan hidup, sosial, dan ekonomi dalam strategi pembangunan untuk menjaga keutuhan lingkungan dan keamanan bersama. Melalui program TAKE, pemerintah desa akan diberikan insentif keuangan yang berdasarkan kinerja mereka dalam mencapai tujuan-tujuan berkelanjutan. Pertumbuhan ekonomi, inklusi sosial, dan perlindungan lingkungan hidup menjadi fokus utama dalam pembangunan ini.

Program TAKE telah berhasil diinisiasi bersama dengan USAID ERAT dan telah diterapkan di 30 desa dari total 166 desa di Kabupaten Luwu Utara. Bupati Indah mengapresiasi peran USAID ERAT dalam upaya mencapai pembangunan berkelanjutan yang mengutamakan kebutuhan hidup masyarakat saat ini dan masa depan. Kementerian terkait seperti Kemendagri, Kemenkeu, BAPPENAS, dan KemenPANRB juga turut terlibat dalam mendukung program ini.

Salah satu tujuan utama dari program TAKE adalah memotivasi pemerintah desa dan warganya untuk bekerja dengan lebih baik dan berkinerja tinggi. Desa Pince Pute di Malangke menjadi salah satu desa terpilih dalam program ini, yang telah menggunakan dana desa untuk penghijauan dan inovasi penanggulangan masalah stunting.

Program ini diharapkan dapat memberikan dorongan bagi pemerintah desa dan warganya dalam membangun keberlanjutan. Skema insentif yang diberikan akan didasarkan pada faktor-faktor seperti cakupan wilayah, sumber daya manusia, dan kinerja desa. Dalam Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 52 Tahun 2022, telah diatur perhitungan insentif yang akan diberikan kepada desa-desa yang mencapai kriteria yang ditetapkan.

Dengan diluncurkannya program TAKE, Pemerintah Kabupaten Luwu Utara menegaskan komitmennya untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan yang berpihak kepada kebutuhan hidup masyarakat saat ini dan masa mendatang.(*)

banner 650x650