Katasulsel.com, Sidrap – Sebanyak 239 Calon jemaah Haji asal Kabupaten Sidrap akan berangkat menuju Tanah Suci Mekah pada hari Kamis malam tanggal 25 Mei 2023 dalam kloter 3 Embarkasi Makassar.

Proses perjalanan calon jamaah haji dimulai dari kantor SKPD Sidrap. Menurut Kepala Seksi Haji, H. Muhammad Syairin, seluruh calon jamaah haji akan berkumpul di aula SKPD pada hari Rabu jam 08.00 Wita untuk mendengarkan arahan dan bimbingan sekaligus pelepasan oleh Bupati Sidrap.

Rencananya, 239 calon jamaah haji akan diberangkatkan menggunakan armada angkutan bus yang telah dipersiapkan menuju asrama Haji Sudiang Makassar pada Rabu (23/5) hari ini.

Saat ini, tim sedang menerima koper jamaah dan mengatur mereka sesuai kelompok yang telah dibentuk untuk memudahkan identifikasi kelengkapan koper jamaah seperti foto, ID Card, dan barang-barang lainnya.

Jumlah calon jamaah haji sebanyak 239 orang terdiri dari 169 perempuan dan 70 laki-laki. Dari jumlah tersebut, terdapat 8 calon jamaah haji lansia, dengan yang tertua berusia 96 tahun. Jamaah ini berasal dari Kecamatan Kulo, dan yang termuda berusia 20 tahun dari Kecamatan Pitu Riawa Sidrap.

Dalam penerimaan koper jamaah, hadir Kabid Kesra Pemkab Sidrap, Patriadi, dan H. Muslimin Muchtar Kasi PAIS Kemenag Sidrap, yang juga bertugas sebagai Petugas Pembimbing Ibadah Haji (PPIH).

Selain itu, untuk membantu kelancaran proses pemberangkatan jemaah haji asal Kabupaten Sidrap, organisasi Islam bernama Banser, yaitu organisasi Ansor Kabupaten Sidrap, ikut terlibat. Kepala Satuan Korcab Banser Sidrap, M. Ichksan Djafar, menyatakan bahwa keterlibatan Banser diperlukan untuk mengantisipasi kelancaran petugas haji dan keamanan dari TNI-Polri.

“Puluhan anggota kita dilibatkan untuk membackup petugas haji Kemenag dan memfasilitasi calon jemaah berangkat menggunakan bus,” ucapnya saat ditemui di warkop Anju, Selasa (24/05/2023).

“Ia menambahkan, “Semua personil kita sudah ditugaskan sesuai dengan tugas masing-masing. Kami akan membantu para calon jemaah haji agar tidak kesulitan mengurus kelengkapan bekal mereka saat pemberangkatan menuju asrama haji Sudiang. Koper para jemaah sudah diamankan di Mako Polres Sidrap.” akunya (*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com