KATASULSEL.COM, MAKASSAR — Workshop Literasi Digital berbasis pendekatan komunikasi antar pribadi yang diselenggarakan Unicef dan ICT Watch kerjasama Fakultas Sastra UMI dan Mafindo (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) perwakilan Makassar berjalan sukses. Kegiatan yang diselenggarakan Kamis, 4 April 2023 ini digelar melibatkan 120 mahasiswa dengan 30 orang fasilitator.

Perwakilan Unicef, Wahyu Tri Handoyo dalam sambutannya mengatakan, workshop ini menjadi hal penting mengingat maraknya berita bohong yang beredar. Dari workshop ini, mahasiswa paling tidak memahami bagaimana cara bijak saat menerima berita dan informasi.

“Workshop ini memberikan pengetahuan teknis memotong matarantai penyebaran berita bohong atau hoaks,” ujarnya.

Workshop ini jelas Wahyu, juga menambah pengetahuan dan keterampilan bagi mahasiswa dalam memanfaatkan Internet dan media sosial.

Wakil Dekan I Fakultas Sastra, Dra Andi Hudriati, M.Hum mengaku senang melihat antusias mahasiswa. Workshop dengan model pendekatan komunikasi antar pribadi menjadi hal menarik sehingga materi diterima mahasiswa dengan baik.

“Model pendekatan komunikasi antar pribadi lebih mengasah kemampuan digital mahasiswa dalam mengintegrasikan perangkat teknologi informasi seperti komputer, ponsel pintar dan aplikasi pribadi dengan rutinitas harian”, ujarnya.

Andi Hudriat juga berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Unicef dan ICT Watch serta Mafindo perwakilan Makassar menjadikan Fakultas Sastra UMI sebagai tuan rumah.

Workshop literasi digital ini merupakan bagian dari kampanye Gerakan Nasional Literasi Digital di Indonesia yang juga digagas pemerintah lewat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com