Katasulselcom, Jakarta – Sejumlah mahasiswa dan mahasiswi Universitas Nahdatul Ulama Indonesia (UNUSIA) yang terdiri dari lintas Program Studi (Prodi) prenstasikan Jurna Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di konferensi internasional. Kegiatan diselenggarakan oleh Universitas Widyagama (UWG) Malang melalui Conference On Economic And Business Innovation.

“Kegiatan diikuti oleh ratusan peserta, baik dari dalam dan luar negeri. Dan salah satu peserta yang berkesempatan mempresentasikan karya ilmiahnya adalah Ade-ade dari mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia” terang Muhammad Aras Prabowo selaku dosen pembimbing yang mendampingi para mahasiswa dalam mengikuti konferensi internasional.

Salah satu penulis mengutarakan kegembiraannya karena bisa berpartisipasi dalam konferensi internasional. “Ini adalah pengalaman yang sangat berharga bagi saya, karena bisa merasakan kegiatan internasional melalui konferensi ini, apalagi menjadi salah satu presenter untuk memaparkan hasil penelitian kami” jelas Vira Anggraini mahasiswi Pendidikan Agama Islam UNUSIA.

Menurut Rayhan Nailufar Gusdi mahasiswa Teknik Informatika UNUSIA bahwa jurnal PKM tersebut kami hasilkan melalui kolaborasi dengan Muhammad Aras Prabowo sebagai dosen pembimbing; Vira Anggraini mahasiswi Pendidikan Agama Islam; Anur Qomariyah mahasiswi Pendidikan Agama Islam; Maulia Hafifah mahasiswi Pendidikan Agama Islam; Hidayani mahasiswi Pendidikan Agama Islam; Alviansyah Sugama mahasiswa Akuntansi dan saya sendiri mahasiswa Teknik Informatika UNUSIA.

Kami mengangkat judul “Efforts to Mitigate the Adverse Effects of Internet Access Through the Implementation of a Healthy and Safe Internet Programme at Smp It Al-Zira” ungkap Maulia Hafifah.

Hidayani membeberkan bahwa proses penyusunan jurnal ini dirangkai oleh beberapa Mahasiswa dan Mahasiswi yang tergabung di dalam pengabdian masyarakat di desa Candali yang didampingi Muhammad Aras Prabowo sebagai Dosen pembimbing.

Anur Qomariyah menyampaikan bahwa Pengabdian masyarakat yang kami lakukan adalah menggagas dan mengimplementasikan bentuk program Internet Sehat dan Aman (INSAN) dilakukan untuk mengatasi dampak negatif akses internet pada remaja.

“Program INSAN disosialisasikan di SMP IT Al-Zira yang berlokasi di Desa Candali, Kecamatan Rancabungur, Bogor. Metode yang digunakan adalah partisipasi aktif dan talk show dengan tahapan: Observasi, penentuan lokasi, pelaksanaan dan pelaporan” tutup Hidayani. 30/05/23.

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com