Katasulsel.com, Sidrap – Seorang perawat RSUD Nene Mallomo Kabupaten Sidrap mengembangkan inovasi yang dinamai “Cegat dengan Peka”.

“Cegat dengan Peka” merupakan akronim dari cegah dan deteksi dini amputasi diabetes dengan perawatan kaki.

Inovasi ini yang kemudian mengantar Ilyas Agus, S.Kep.,Ns., CH., CHT., WOC(ET) N.,CDFC, nama lengkap perawat tersebut, masuk 3 besar tenaga kesehatan (nakes) teladan Provinsi Sulsel tahun 2023, kategori tenaga perawat rumah sakit.

Ilyas berpeluang mewakili Sulsel ke tingkat nasional. Tahap yang harus dilalui yakni verifikasi lapangan (verlap) yang berlangsung Kamis (11/5/2023).

Verlap dilakukan tim dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel terdiri 4 orang. Mereka yaitu Rahmat Jaya, SKM., M.Kes., Andi Baharuddin, SKM., M.Kes., Ernawati, SKM., dan Nasyithah, SKM.

Kegiatan di RSUD Nene Mallomo ini dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Sidenreng Rappang, Dr. Ns. H. Basra, S.Kep., M.Kes.

Dalam sambutannya, Basra menyampaikan, Ilyas adalah perawat yang telaten, disiplin, dan terampil dalam merawat luka dan layak untuk mendapatkan juara dalam lomba nakes teladan tingkat Sulsel.

“Pemerintah daerah sangat mendukung kegiatan inovasi ini,” imbuh Basra yang berlatar belakang perawat tersebut.

Sementara Direktur UPT RSUD Nene Mallomo, drg. Hj. Sahriah Usman, Sp.KG menyatakan pihaknya sangat mendukung dan senantiasa memberikan support kegiatan inovasi di Rumah Sakit Nene Mallomo.

Hal tersebut, sambungnya, karena inovasi dapat memberikan pelayanan yang bermutu dan berkualitas pada masyarakat.

“Inovasi Ilyas sangat bermanfaat karena, dengan adanya kegiatan inovasi ini maka dapat menurunkan angka kejadian pasien diabetes dengan luka dan dengan amputasi di UPT RSUD Nene Mallomo,” urai Sahriah.

Di kesempatan yang sama, Rahmat Jaya selaku ketua tim verlap mengajak pada semua yang hadir untuk mendoakan Ilyas sampai pada tingkat nasional.

Verlap ini dihadiri pula Kabid Sumber daya Kesehatan Dinas Kesehatan Dalduk KB Sidrap, Dewan pengawas UPT RSUD Nene Mallomo, Ketua PPNI Sidrap, perwakilan Bappelitbangda, Kepala Bagian Administrasi umum dan Keuangan UPT RSUD Arifin Nu’mang, Kepala Klinik Fella dan perwakilan dari Kepala Puskesmas Pangkajene.

Untuk diketahui, 4 tenaga kesehatan (nakes) asal Kabupaten Sidrap lolos ke tahap verlap penilaian nakes teladan Sulsel 2023.

Bersama Ilyas Agus ada juga Risma Ernawati, S.ST., M.M., (RS.Arifin Nu’mang/Kategori Tenaga Gizi Rumah Sakit), Nurhidayah, S.ST., (Puskemas Empagae/Kategori Bidan Puskesmas), serta Ahmad Muammar Rizal Ananta Nur, SKM., (Puskesmas Lancirang/Kategori Kesehatan Lingkungan).

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com