Katasulsel.com Makassar – Asosiasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (APTIKIS) Indonesia berhasil melaksanakan Pelantikan dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang juga dirangkaikan dengan Seminar Nasional di Hotel Dalton Makasar pada Kamis, 11 Mei 2023.

Acara ini dihadiri oleh berbagai perguruan tinggi Islam swasta di Indonesia, mulai dari Sabang sampai Merauke. ”Kegiatan pelantikanan dan Rakernas APTIKIS Indonesia dihadiri oleh sejumlah pimpinan Perguruan Tinggi (PT) hingga pimpinan tingkat Dekanat dan Pengelola Program Studi (Prodi) dari Sabang sampai Merauke” terang Dr. Maslim Halimin Ketua Umum APTIKIS Indonesia. 11/05/23.

Kegiatan dibuka oleh Wakil Menteri Agama RI Dr. H. Zainut Tauhid Sa’adi, M.Si yang juga sebagai narasumber. Turut hadir Rektor Universitas Islam Indonesia (UII), Prof. Dr. Fathul Wahid, S.T., M.Sc., dan Rektor Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh), Prof. Dr. H. Ambo Asse, M.Ag.

“APTIKIS Indonesia harus menjadi wadah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTIKIS) berjumlah 846 Perguruan Tinggi, yang terbagi ke dalam tiga kategori yakni Institut sebanyak 94 perguruan tinggi, Sekolah Tinggi sebanyak 636 Perguruan Tinggi, dan Fakultas Agama Islam sebanyak 116” terang Wakil Menteri Agama dalam sambutan pembukaannya.
APTIKIS Indonesia diharapkan bisa membangun kolaborasi antar PTIKIS untuk meningkatkan kualitas pengelolaan Perguruan Tinggi, tegas Zainut Tauhid.

Menurut Maslim, selain pelantikan dan Raker, kegiatan dirangkaikan penandatanganan kerjasama dengan seluruh Anggota APTIKIS yang hadir. “Sebanyak 33 PT yang melakukan penandatanganan kerjasama memulai bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat” jelasnya.

“APTIKIS diharapkan bisa menjadi wadah untuk meningkatkan kualitas pengelolaan PT dalam menghadapi tantangan kekinian, serta menjadi penghasil lulusan yang mampu bersaing di Tengah masyarakat” jelas Maslim.

“Dalam waktu dekat, semua PT yang sudah menjalin kerjasama akan menindaklanjuti dalam bentuk implementation agreement antara sesama pengelola Prodi, tentu ini bertujuan untuk peningkatan kualitas PT, khususnya dalam akreditasi kampus dan Prodi” papar Dr. Saifuddin Zuhri, M.Ag Sekretaris Jendral APTIKIS Indonesia.

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com