Untuk Tiga Program Studi Profesi Ners, S1 Keperawatan, dan Sarjana Terapan Terapi Gigi

Makassar – ITKeS Muhammadiyah Sidrap, perguruan tinggi kesehatan yang terletak di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, telah resmi menyelenggarakan program Rekognisi Pembelejaran Lampau (RPL) untuk tiga program studi, yaitu Profesi Ners, S1 Keperawatan, dan Sarjana Terapan Terapi Gigi.

Perguruan tinggi dipimpin oleh Rektor, Dr Muhammad Tahir SKM MKes ini telah menerima
sertifikat RPL dalam rangkaian acara wisuda mahasiswa di Hotel Dalton Makassar, Jumat, 26 Mei 2023

Penyerahan sertifikat RPL dilakukan oleh Kepala LLDIKTI IX, Dr. A. Lukman M.Si, sebagai pengakuan atas capaian pembelajaran dari pendidikan formal, nonformal, informal, dan pengalaman kerja.

Sekadar diketahui, ITKeS Muhammadiyah Sidrap ini menjadi perguruan tinggi kesehatan pertama yang mendapatkan izin penyelenggaraan RPL di Sulawesi Selatan, dan yang ketujuh dari total 428 perguruan tinggi di Indonesia.

Capaian ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi civitas akademika ITKeS Muhammadiyah Sidrap, dan diharapkan dapat dipertahankan dan dikembangkan di masa depan.

Program RPL yang diselenggarakan oleh ITKeS Muhammadiyah Sidrap telah disesuaikan dengan Permenristekdikti No.26 Tahun 2016, yang mengacu pada landasan hukum Sisdiknas Nomor 20 tahun 2003.

RPL memiliki peran penting dalam keberlangsungan dunia pendidikan di Indonesia, sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan formal dan melakukan penyetaraan dengan kualifikasi tertentu.

Kepala LLDIKTI IX, Dr. A. Lukman M.Si, dalam sambutannya mengapresiasi ITKeS Muhammadiyah Sidrap atas keberhasilan menyelenggarakan program RPL.

Ia menyatakan bahwa RPL menjadi salah satu upaya penting dalam mengakui dan menghargai capaian pembelajaran yang diperoleh melalui berbagai jalur pendidikan dan pengalaman kerja.

Rektor ITKeS Muhammadiyah Sidrap, Dr. Muhammad Tahir SKM MKes, mengungkapkan bahwa pencapaian ini tidak terlepas dari kerjasama dan dukungan yang diberikan oleh berbagai pihak, termasuk staf akademik, mahasiswa, serta pemerintah daerah dan LLDIKTI IX.

Ia berharap prestasi ini dapat menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di ITKeS Muhammadiyah Sidrap.

Dengan terselenggaranya program RPL ini, ITKeS Muhammadiyah Sidrap memberikan kesempatan kepada individu untuk melanjutkan pendidikan formal dan setara dengan kualifikasi tertentu, serta meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.(*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com