banner 650x65

Katasulsel.com, – Sarabba minuman tradisional khas Bugis Makassar ini memiliki racikan tersendiri dan mampu membuat tubuh menjadi bugar saat diminum. Meski serupa dengan wedang jahe, namun rasa rempahnya yang lebih terasa sehingga membuat aroma dan berbeda pada Sarabba ini.

Khasiat dari Sarabba ini, di saat kita masuk angin atau ketika tenggorokan sedikit serak. Dalam proses pembuatan sarabba, ada campuran rempah-rempah yang khas, jahe, gula merah, merica, dan santan.

Sebagian masyarakat mengonsumsi Sarabba ini untuk mengembalikan stamina yang kurang fit atau lelah sehabis pulang kerja. Selain itu Sarabba di percaya mampu mengusir flu, menghangatkan badan dan tenggorokan, serta meredakan masuk angin.

banner 1080x1080

Khasiat dari Sarabba ini dapat dirasakan karena dari campuran yang kaya akan rempah-rempah. Rasanya hangat pedas manis yang langsung terasa hangat di mulut dan tenggorokan. Aromanya yang khas lebih menggugah selera, apalagi dipadu dengan gorengan.

Proses pembuatan Sarabba ini cukup sederhana, dimulai dengan cara merebus gula merah hingga mendidih dan larut. Kemudian dimasukkan jahe dan merica, setelah masak hingga 10 sampai 20 menit dan aroma jahenya tercium, kemudian kecilkan api kompor dan masukkan santan kental sambil diaduk terus secara perlahan. Dan yang terakhir tuangkan air jahe lalu hidangkan selagi hangat.

Menariknya dari Sarabba yang memiliki kualitas yang baik, Sarabba juga bisa disuguhkan menambahkan kuning telur bahkan dengan susu putih kental manis.

Sarabba saat ini juga sudah ada dalam bentuk kemasan. Sarabba bubuk instan maupun yang dikemas dalam botol bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

banner 1080x1080