banner 650x65

Katasulsel.com, Prepare – Pimpinan Pusat Muhammadiyah secara telah menetapkan Hari Raya Iduladha 1444 H jatuh pada hari Rabu, 28 Juni 2023. Keputusan itu tertulis dalam maklumat bernomor 1/MLM/1.0/E/2023 ditandatangani Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir pada 21 Januari 2023 di Yogyakarta.

Penetapan ini berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tarjdid PP Muhammadiyah. Metode tersebut menitik beratkan pada posisi geometris benda langit.

Hari Raya Idul Adha kali ini kembali berbeda dengan pemerintah yang menetapkan 10 Dzulhijjah jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023. Karena berbeda dengan penetapan Iduladha pemerintah, Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah menginformasikan pelaksanaan salat Iduladha di Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

Melalui Ketua Panitia Pelaksana Salat Iduladha Muhammadiyah Parepare, Kaharuddin mengatakan, PD Muhammadiyah Parepare akan memusatkan pelaksanaan salat Iduladha 1444 Hijriah di Lapangan Andi Makkasau, Kota Parepare, Sulawesi Selatan,
pada Rabu (28/6/2023), pukul 07.15 Wita.

“Kita berharap letak lapangan (Andi Makkasau) sangat strategis di dalam kota, sehingga semua orang mudah menjangkau. Dulu kenapa kita buka di tempat lain, karena dipusatkan di UMPAR, Lapangan KH Sanusi Maggu,” katanya, Senin (26/6/2023).

Pelaksanaan salat Iduladha nantinya, semua masjid Muhammadiyah akan ditutup lanjut Kahar, kecuali hujan, semua masjid Muhammadiyah akan dibuka.

“Kalau hujan, maka panitia sudah putuskan semua masjid Muhammadiyah itu terbuka. Digunakan pada hari Rabu dan Khatibnya sudah siap semua,” terang Ketua DPRD Parepare itu.

Legislator Golkar itu membeberkan, nantinya juga akan ada penyampaian hewan kurban yang dilakukan oleh PD Muhammadiyah beserta Ortom dan Amal Usahanya dan koordinasi di PD Muhammadiyah.

banner 650x650