banner 650x65

Katasulsel.com, -Bulukumba, Pemerintah Desa Padang Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba Menggelar Kegiatan penyuluhan pertanian dan pelatihan kelompok tani di Kantor Desa Padang Kecamatan Gantarang, Selasa 28 Juni/2023.

kegiatan ini di laksanakan dalam rangka pengenalan PH tanah dan kaitannya dengan praktik global warning. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengetahui dan mengenal penggunaan pH Tanah serta dampak yg ditimbulkan dari global warming.

Seperti yang di ketahui bersama bahwa dampak perubahan iklim
Sangat berpengaruh terhadap perubahan atau dinamika sifat-sifat
tanah, baik secara fisik, kimia, dan biologi
beserta pengaruhnya terhadap pertumbuhan tanaman.

PH tanah adalah tingkat keasaman dan kebasaan suatu tanah pertanian yang ditunjukkan dengan skala angka 0-14. Tanah dikatan netral ketika berada pada angka 7, tanaman dapat tumbuh subur pada tanah dengan tingkat pH kisaran angka 6,5-7,5.3.

Cara mengetahui pH tanah yang paling akurat adalah menggunakan sebuah alat pengukur pH yang disebut dengan pH meter.

” Alhamdulillah atas apresiasi dari pemerintah Desa Padang karena selalu memberikan perhatian, khususnya kegiatan dalam pertanian. Selain itu suatu kebanggaan karena dapat menganggarkan untuk sarana alat pH Meter Tanah yang sangat dibutuhkan untuk mengetahui unsur hara dalam tanah” Ungkap Rahmi Yuliana PPL Gantarang, Selasa 28 Juni/2023.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Padang, Muhammad Akri beserta perangkat Desa, juga Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Gantarang, Unsur Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), dan Koordinator Pendamping Desa, Kamaruddin.

Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Gantarang Berharap kegiatan ini akan terus berlanjut sebagai kolaborasi dan kerjasama antara pemerintah setempat dengan Penyuluh pertanian dalam rangka kemajuan sektor pertanian di Kecamatan Gantarang.

“Kedepannya semoga kegiatan ini berkelanjutan dengan tema kegiatan yang berbeda. Maju Terus pertanian Desa Padang Kec. Gantarang, Ungkap Koordinator BPP Gantarang, Husnul Khatimah,S.TP.

banner 650x650