banner 650x65

Katasulsel.com, Bulukumba, -Dalam rangka memastikan Calon Hewan Qurban Sehat dan sudah memenuhi kriteria, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Bulukumba melalui Bidang Peternakan menerjungkan langsung tenaga penyuluhnya guna melakukan Pemeriksaan antemortem hewan kurban di beberapa titik di Kabupaten Bulukumba.

Salah satunya tempat pemeriksaan Antemortem ini berlokasi di empat titik di empat dusun di Desa Padang Kecamatan Gantarang yakni, di Dusun Borongcinranae, Dusun Palimassang, Dusun Mattoanging dan Dusun Bonto bulaeng di mulai Selasa Hingga Rabu 28 Juni 2023

Adapun jumlah Hewan qurban di empat titik di Desa Padang Kecamatan Gantarang tersebut berjumlah 20 Ekor.

Pelaksanaan Antemortem Hewan Qurban ini sendiri merupakan kegiatan rutin tiap tahun menjelang hari raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban yang di laksanakan oleh Instansi yang berwenang. Pemeriksaan antemortem adalah Pemeriksaan kesehatan hewan potong sebelum disembelih, yang dilakukan oleh petugas pemeriksa berwenang. Tempat dilakukannya pemeriksaan antemortem ini adalah di kandang penampung dan dilakukan sebelum hewan dipotong.

Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Padang, Rahmi Yuliana, SP mengatakan, bahwa pendataan dan pemeriksaan hewan kurban ini merupakan pengecekan langsung hewan kurban guna memastikan Hewan kurban yang akan di sembeli Sehat dan sudah sesuai dengan kriteria hewan kurban yang telah di tetapkan dalam syariat Islam.

“Kondisi hewan kurban yang ada di Desa Padang Kecamatan dari 20 Ekor yg dilakukan pemeriksaan fisik Alhamdulillah sehat dan keadaan umur sesuai dengan kriteria untuk dikurbankan” Ungkap Rahmi Yuliana, SP, Rabu 28/6/2023.

Selain itu, Pemeriksaan antemortem hewan kurban ini Juga dalam rangka mengantisipasi hewan yg terinfeksi virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan Sejenis Penyakit jimbrana.

banner 650x650