Katasulsel.com, SIDRAP — Prof. Sri Rachma Aprilita Bugiwati, Msc.,PhD, seorang akademisi Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar mengunjungi penangkaran burung belibis tepatnya di Villa milik Anggota DPRD Sulsel H. Zulkifli Zain.

Prof. Lita tidak sendirian. Ia datang bersama sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam lembaga FOSIL (Forum Studi Ilmiah) guna meneliti burung belibis dan beberapa hewan ternak peliharaan H. Zulkifli Zain di taman hewan di area Villa miliknya di Baranti Sidrap

Ada satu hal yang membuat sang Profesor terkejut melihat belibis-belibis peliharaan Zulkifli Zain yang terlihat sangat jinak dan patuh pada tuannya (Zulkifli). Hal ini tentu menjadi rasa kagum dan catatan tersendiri buat Prof Lita bahwa hewan pun bisa nyaman bersama tuannya.

“Kedatangan kami meneliti keberadaan dan keberlangsungan burung belibis ini, dimana saat ini burung tersebut mulai langkah, Di Kabupaten Sidrap sendiri burung belibis merupakan salah satu burung yang bisa ditemui, bahkan ada yang mengolahnya menjadi kuliner khas di Sidrap” Tutur Prof. Lita saat ditemui di Villa H. Zulkifli, Jum’at, 2/6/2023.

Didampingi langsung oleh H. Pilli sapaan H. Zulkifli Zain, Prof. Lita juga menjelaskan harapannya kepada pemerintah terkait dengan keberlangsungan burung yang belibis yang khas di kabupaten sidrap ini.

“Saya berharap agar Pemda kedepannya punya “policy” atau konsep agar burung belibis ini punya penangkaran untuk perkembangbiakan burung belibis, saya juga berharap ada aturan untuk penangkapan dan aturan umur kapan bisa dikonsumsi, agar benar-benar terjaga kelestarian dari burung “cuwiwi”, sebab burung belibis adalah tipe burung yang agak sulit dibudidayakan, hanya perlu penangkaran khusus agar terjaga keberlangsungan dan kelestariannya” Tutup Prof. Lita

Sekadar diketahui Prof. Lita merupakan Akademisi Fakultas Peternakan UNHAS yang saat ini fokus untuk meniliti keberlangsungan Fauna-Fauna di Di Indonesia. (*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com