banner 650x65

Katasulsel.com, -Sulawesi Selatan memang memiliki banyak tempat yang tidak ada habisnya untuk di eksplor keindahannya, Salah satunya terletak di Kabupaten Sinjai tepatnya di kecamatan Sinjai Barat bernama Desa Barania.

Terletak di dataran tinggi yang dikelilingi pegunungan dan hutan tropis, dengan pemandangan alam yang sangat menakjubkan.

Desa yang di juluki ‘Sekeping Surga yang Jatuh ke Muka Bumi di Kampung Galung ini oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno saat berkunjung di 2021 lalu.

Tidak heran jika tahun lalu desa ini berhasil menyabet juara pertama penghargaan Anugerah Desa Wisata  Indonesia (ADWI) tahun 2022, untuk kategori Cleanliness, Health, Safety and Environment Sustainability (CHSE).

Desa Barania merupakan satu dari 11 desa wisata yang tengah dikembangkan Pemda Sinjai yang diharapkan menjadi salah satu potensi pengembangan desa.

Desa Barania sendiri dikenal dengan potensi pariwisata berupa panorama sumber daya alam yang memanjakan mata. Mulai dari hamparan sawah yang luas, udara segar hingga air terjun, bagi wisatawan yang berniat berkunjung ke desa wisata ini, dijamin akan terlena dengan pemandangan alam yang tersaji.
(Penulis: Arie)*

banner 650x650