banner 650x65

Sidrap, Sulawesi Selatan – Jalan nasional yang menghubungkan Tanru Tedong hingga Kota Pangkajene, Kabupaten Sidrap, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dilaporkan mengalami kerusakan berat. Kondisi jalan yang rusak parah ini menjadi perhatian serius bagi masyarakat setempat dan membutuhkan tindakan cepat untuk perbaikan.

Kerusakan yang terjadi meliputi keretakan aspal dan berlubang di sepanjang jalan nasional di daerah yang dipimpn oleh Bupati Dollah Mando tersebut. Kerusakan jalan itu, jelas sangat mengganggu aktivitas transportasi dan berpotensi menimbulkan bahaya bagi pengguna jalan yang melintasi.

Warga Tanrutedong, Hariani mengatakan, dampak dari kerusakan jalan ini juga terlihat dari sisi kecelakaan lalu lintas. Lubang-lubang di jalan menjadi ancaman bagi pengendara, terutama saat melaju dengan kecepatan tinggi. Kecelakaan-kecelakaan kecil, sudah sering terjadi akibat kondisi jalan yang tidak memadai, meningkatkan risiko kecelakaan serius yang dapat mengakibatkan kerugian jiwa dan harta benda.

“Selain itu, kerusakan jalan nasional juga berdampak negatif terhadap perekonomian daerah. Aktivitas perdagangan dan logistik terganggu karena sulitnya akses transportasi yang lancar. Distribusi barang dan bahan baku menjadi terhambat, menyebabkan peningkatan biaya logistik dan ketidakpastian pasokan,” tutur Hariani, Minggu, 16 Juli 2023.

Pemerintah pusat mendapat kecaman dari masyarakat akibat kondisi jalan tersebut. Masyarakat ingin agar pemerintah pusat segera mengambil tindakan perbaikan yang memadai terhadap jalan nasional itu. Peningkatan infrastruktur jalan yang baik dan terawat menjadi prioritas untuk memastikan keselamatan pengguna jalan dan kelancaran aktivitas perekonomian di daerah tersebut.

Joko Widodo (Jokowi) sebagai Presiden RI diharapkan dapat memberikan perhatian khusus dan bantuan dalam penanganan kerusakan jalan nasional di Sidrap. Masyarakat setempat berharap agar pemulihan jalan ini dilakukan dengan cepat dan efektif, sehingga kecelakaan lalu lintas dapat diminimalisir dan perekonomian kembali berjalan normal.

Kerusakan berat jalan nasional di Sidrap membutuhkan perhatian serius dan tindakan yang segera. Pemerintah diharapkan dapat bersinergi dalam menangani masalah ini agar kondisi jalan dapat segera pulih, menjaga keselamatan masyarakat, dan mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut.(*)

banner 650x900