banner 650x65

katasulsel.com, sidrap – Pendidikan pemilih pemula menjadi salah satu fokus kegiatan yang dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kecamatan Tellu Limpo pada, Sabtu, 29 Juli 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan edukasi kepada siswa-siswi Madrasah Aliya DDI Tellu Limpo tentang pentingnya partisipasi dalam pemilu serentak tahun 2024.

Acara sosialisasi ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Kepala Kesiswaan MA DDI Tellu Limpo, H. Lukman Hasyim, S.Pd.I, M.A, Ketua PPK dan Anggota PPK Tellu Limpo, Ketua PPS Kelurahan Amparita Rusli Rahman, S.Pd, M.Pd, serta anggota PPS Kelurahan Amparita dan Ketua PPS Kelurahan Pajalele. Turut hadir pula Ketua PPS Desa Teteaji dan Pengawas Kelurahan Amparita.

banner 450x720

Kegiatan dimulai dengan dua sambutan berurutan, pertama dari Bapak H. Lukman Hasyim, S.Pd.I, M.A, selaku Kepala Bidang Kesiswaan MA DDI Tellu Limpo, dan kedua dari Ketua PPK Tellu Limpo, Ir. Abd. Muis.

Dalam sambutannya, H. Lukman Hasyim mengungkapkan rasa terima kasih kepada PPK dan PPS atas inisiatif mereka dalam mengadakan kegiatan sosialisasi ini. Ia juga mengajak seluruh siswa-siswi MA DDI Tellu Limpo, khususnya dari kelas XI dan XII, untuk lebih serius memperhatikan materi yang disampaikan, karena sosialisasi ini memiliki peran penting sebagai bekal bagi mereka sebagai pemilih pemula. “Kami berharap kepada para siswa, khususnya dari kelas XI dan XII MA DDI Tellu Limpo, dalam kegiatan sosialisasi pendidikan pemilih pemula ini untuk lebih serius memperhatikan materi yang disampaikan karena sosialisasi ini sangat penting untuk kita sebagai pemilih pemula,” ujar H. Lukman Hasyim, S. Pd.I, MA.

Sementara itu, Ketua PPK Tellu Limpo, Ir. Abd. Muis, dalam sambutannya menyampaikan tujuan dari kegiatan tersebut. Menurutnya, sosialisasi ini dilakukan untuk memberikan pemahaman dan edukasi kepada pemilih pemula mengenai pentingnya partisipasi dalam pemilu serentak tahun 2024. Ia menekankan bahwa mayoritas pemilih pada pemilu mendatang adalah pemilih pemula, sehingga peran mereka dalam menentukan arah masa depan bangsa sangatlah penting.

Sebagai narasumber dalam kegiatan sosialisasi ini, Rusli Rahman, S.Pd, M.Pd, selaku perwakilan dari PPS Kelurahan Amparita, mengajak para pemilih pemula untuk aktif berpartisipasi dalam penyelenggaraan pemilu dan pemilihan. Ia menekankan beberapa hal penting yang harus dilakukan, seperti ikut terlibat dalam mengawasi setiap tahapan pemilu dan pemilihan, membantu sosialisasi pemilu dan pemilihan, serta lebih bijak dalam menanggapi berita hoaks.

“Pemilih pemula harus turut andil berpartisipasi, ikut terlibat dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan, membantu sosialisasi Pemilu dan Pemilihan, membantu pendidikan politik bagi pemilih, memantau Pemilu dan Pemilihan, melakukan pengawasan atau jajak pendapat dan hitung cepat hasil Pemilu dan Pemilihan, dan juga harus lebih bijak dalam menanggapi berita hoaks jangan mudah terpengaruh apalagi sampai menjadi penyebar berita dari pihak yang bertanggung jawab yang menyebabkan pencemaran nama baik salah calon presiden dan wakil presiden maupun calon anggota legislatif baik di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota maupun calon DPD Perorangan,” ungkap Rusli Rahman.

Acara ini ditutup dengan himbauan dari Anggota PPS Kelurahan Amparita, Muhlis, S.Pd, untuk tidak tergiur dengan money politik. Ia mengingatkan bahwa money politik memiliki konsekuensi hukum dan mengajak seluruh siswa-siswi MA DDI Tellu Limpo agar turut berperan serta dalam menjaga keberlangsungan pemilu yang adil dan demokratis.

Dengan sosialisasi ini diharapkan para siswa-siswi MA DDI Tellu Limpo akan lebih memahami pentingnya hak dan kewajiban sebagai pemilih pemula serta ikut aktif dalam proses demokrasi untuk masa depan bangsa yang lebih baik. Semoga kegiatan ini dapat memberikan dampak positif dalam persiapan menyongsong pemilu serentak tahun 2024.(*)