banner 600x50

Katasulsel.com, –Bapenda Keliling (Baling-Baling) Sidrap menjadi inovasi yang ditampilkan Kepala Bapenda Sidrap, Muhammad Yusuf DM pada seminar implementasi proyek perubahan di Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara (Puslatbang KMP LAN) RI Makassar, Rabu (2/8/2023).

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Pelatihan Kepemimpinan Nasional tingkat II Angkatan VII yang digelar Puslatbang KMP LAN Makassar.

Muhammad Yusuf DM yang menjadi peserta Latpim Nasional tingkat II menjelaskan, proyek perubahan yang dinamai Baling-Baling Sidrap (Bapenda Keliling) adalah layanan mobil operasional Bapenda berbasis digital.

Diutarakannya, Baling-Baling merupakan layanan jemput bola di mana petugas Bapenda mendatangi langsung masyarakat untuk membayar PBB dan pajak daerah lainnya. Ini sekaligus mendekatkan masyarakat dengan pemerintah, karena mempermudah masyarakat mendapatkan layanan.

“Adapun layanan yang kita siapkan menggunakan metode aplikasi pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), di mana wajib pajak bisa langsung dapat bukti bayar, tentunya ini akan lebih transparan dan tentunya memudahkan masyarakat,” jelasnya.

Sebagai informasi, layanan Baling-Baling Bapenda Sidrap selama ini telah berjalan dan terus digaungkan Kepala Bapenda Sidrap sebagai upaya untuk mendongkrak PAD serta terus mendorong percepatan dan perluasan digitalisasi daerah di Kabupaten Sidrap sebagai pemda digital.