banner 600x50

KATASULSEL.COM, SIDRAP – Pasipers Kodim 1420/Sidrap, Lettu Arh Ridwan, hadir dalam Rapat Pemantapan Pelaksanaan Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci, sebagai bagian dari persiapan rangkaian kegiatan peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 2023. Rapat tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Kantor Bupati Sidrap, Senin, 7 Agustus 2023,

Acara tersebut melibatkan pelaksana upacara dari Kodim serta upacara Penurunan Bendera dari Polres, serta melibatkan berbagai kegiatan lainnya dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 2023. Rapat ini dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sidrap dan dihadiri oleh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait serta para Camat di seluruh wilayah Kabupaten Sidrap.

Rapat ini digelar untuk memastikan pelaksanaan upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci berjalan dengan lancar dan tertib. Pasipers Kodim 1420/Sidrap yang diwakili oleh Lettu Arh Ridwan hadir dalam rapat tersebut sebagai bagian dari persiapan dan koordinasi serta untuk menyampaikan instruksi dan petunjuk dari Kodim terkait pelaksanaan upacara.

Rencananya, rangkaian kegiatan peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 2023 di Kabupaten Sidrap akan diawali dengan upacara Apel Kehormatan dan dilanjutkan dengan Renungan Suci. Kedua upacara tersebut menjadi momen bersejarah dalam mengenang perjuangan para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan Indonesia.

Dalam rapat tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sidrap Dr H Basra mengungkapkan pentingnya menjaga keselamatan dan ketertiban dalam pelaksanaan upacara tersebut. Ia juga mengingatkan agar seluruh peserta upacara dan pihak terkait menaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan, mengingat situasi saat ini masih dalam masa pandemi COVID-19.

Kepala OPD terkait dan para Camat yang hadir dalam rapat tersebut menyatakan kesiapannya untuk mendukung dan berpartisipasi secara aktif dalam pelaksanaan upacara peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 2023. Mereka berkomitmen untuk menjalankan tugas dengan baik demi mengenang jasa para pahlawan dan memupuk semangat nasionalisme di tengah masyarakat.

Dengan adanya Rapat Pemantapan Pelaksanaan Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci ini, diharapkan persiapan dan pelaksanaan rangkaian kegiatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 2023 di Kabupaten Sidrap dapat berjalan dengan baik, lancar, dan khidmat. Upacara tersebut juga diharapkan dapat menjadi momen bersejarah yang membangkitkan semangat cinta tanah air dan rasa kebanggaan sebagai warga negara Indonesia.(**)