banner 600x50

KATASULSEL.COM, SIDRAP – Peran Babinsa dan Bhabinkamtibmas seringkali multitasking, terutama saat dibutuhkan masyarakat di wilayah binaannya. Salah satunya Babinsa Koramil Desa Sereang, Kecamatan Maritengngae, Serda Muh Asri.

Serda Muh Asri menyampaikan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) merupakan permasalahan yang kompleks sehingga memerlukan penanganan yang tepat. Perspektif bahwa ODGJ adalah “orang gila” harus dihilangkan, isolasi dan perilaku lainnya seperti pemasungan dan penelantaran sebenarnya turut memperburuk kondisi ODGJ.

“Semoga dengan upaya membawa ke RSJ warga ODGJ mendapatkan penanganan yang tepat sehingga dapat berfungsi kembali secara wajar dan bisa kembali lagi di lingkungan keluarga dan masyarakat,” pungkasnya. Rabu 16 Agustus 2023.

Babinsaramil itu yang dikenal cukup ramah oleh warga binaanya itu menambahan bahwa ODGJ itu dipasung oleh keluarganya dikarenakan menderita gangguan mental atau kejiwaan sejak 2010 silam.

Sebelum dirujuk, Tim Medis Puskesmas Pangkajene memberikan suntikan obat penenang dan vitamin kepada pasien ODGJ, untuk menenangkan pasien.

Informasi yang diterima bahwa Harianto sebenarnya sudah lama mau di rujuk ke rumah sakit jiwa. Akan tetapi prosudur rujukan ke rumah sakit belum memenuhi.

Sehingga membuat Seorang Babinsa dan pihak kesehatan serta Dinas Sosial dan Kepala Desa Sereang berusaha semaksimal mungkin membantu pihak keluarga ODGJ mengurus segala persyaratanya hingga dirujuknya ODGJ tersebut.

“Yah Alhamdulillah, kami Babinsa serta Dokter Puskesmas Pangkajene dan Bidan Desa seeta Kepala Desa Sereang sukses merujuk pasien ODGJ ke Rumah sakit Makassar tanpa ada kendala. Bahkan Kepala Desa Sereang juga membantu sedikit sumbangan dan support melalui Pustu demi melancarkan rujukan Pasien ODagJ,’ujar Muh Asri.

Sementara orangtua pasien ODGJ, Hj Ria mengaku Harianto dirantai sudah hampir 10 Tahun. Itu dilakukan kata dia karena dikhawatirkan membahayakan orang lain kalau sedang kumat (kambuh) penyakitnya.

“Harapan keluarga, Harianto bisa lekas sembuh, kembali normal seperti sedia kala. Kami sekeluarga sangat berterima kasih pada para petugas yang turut perhatian dan peduli dengan keluarga kami,”Harap Hj Ria.