banner 650x65

KATASULSEL.COM, SIDRAP – Pemilihan Komisioner Bawaslu Kabupaten Sidrap Sulawesi Selatan telah selesai dilaksanakan. Tiga incumbent, Andi Syaiful, Asmawati Salam, dan Muhardin terpilih kembali menjadi komisioner Bawaslu untuk masa jabatan berikutnya.

Pengumuman hasil pemilihan dilakukan oleh Panitia Pemilihan Bawaslu Sidrap sudah diketahui hari ini, Sabtu, 19 Agustus 2023. Ketiga incumbent ini berhasil meraih nilai tertinggi dalam serangkaian tahap seleksi yang berlangsung belum lama ini

Andi Syaiful yang dikenal sebagai tokoh pemuda yang vokal terhadap transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemilu, mengungkapkan rasa syukurnya atas terpilihnya kembali sebagai komisioner.

Selain itu, Asmawati Salam, salah satu komisioner Bawaslu Sidrap yang sudah berpengalaman memiliki rekam jejak sebagai pengawas Pemilu yang berkualitas serta berintegritas, “Saya berjanji akan bekerja dengan lebih baik lagi untuk mewujudkan Pemilu yang berkualitas di Kabupaten Sidrap apabila saya kembali terpilih”, tutur Asmawati, sehari sebelum hasil seleksi ini keluar di Warkop Exosia Pangkajene.

Namun, tidak hanya terpilihnya ketiga incumbent tersebut yang menjadi sorotan. Pemilihan kali ini juga menarik perhatian karena diperkirakan memberikan tekanan bagi pemimpin daerah dan partai politik dalam menjalankan praktik politik yang jujur dan transparan.

“Ketiga incumbent yang terpilih ini merupakan sosok yang dikenal memiliki integritas dan kompeten dalam mengawal penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Sidrap. Harapannya, keberadaan mereka dapat menyuarakan dan mewujudkan demokrasi yang lebih baik lagi di daerah ini,” ujar Muhardin, seorang mantan aktivis HImpunann Mahasiswa Islam (JMI) Sidrap.

Selain itu, keberhasilan ketiga incumbent tersebut juga mencerminkan kepercayaan masyarakat terhadap integritas dari Komisi Bawaslu. Masyarakat percaya bahwa pemilihan ini akan menghadirkan pengawasan yang lebih ketat dalam proses politik serta meminimalisir potensi kecurangan.

Masa jabatan baru bagi ketiga incumbent ini akan dimulai segera setelah dilantik oleh Ketua Bawaslu Provinsi. Mereka akan terus bekerja keras untuk menjaga integritas dan menjalankan tugas pengawasan dalam menjalankan penyelenggaraan pemilu yang bersih dan adil.

Dengan terpilihnya kembali Andi Syaiful, Asmawati Salam, dan Muhardin sebagai komisioner Bawaslu Kabupaten Sidrap, diharapkan pemilu di Kabupaten Sidrap akan semakin berkualitas dan terjamin kejujurannya, menciptakan suasana pesta demokrasi yang aman, transparan, dan adil bagi masyarakat.(*)

banner 650x900