banner 650x65

Katasulsel.com, Sidrap – Alarm kesehatan kembali berbunyi di Kabupaten Sidrap dengan adanya lonjakan kasus baru HIV (Human Immunodeficiency Virus) yang mencemaskan. Dalam wawancara yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB Sidrap, Dr. Ishak Kenre, SKM, M.Kes, masyarakat diingatkan akan seriusnya penularan virus yang mengancam sistem kekebalan tubuh tersebut.

Dr. Ishak Kenre berbicara dengan Katasulsel.com dan media grup lainnya pada Kamis, 24 Agustus 2023, dan memberikan gambaran jelas mengenai dampak buruk penularan HIV. Virus ini dikenal merusak sistem kekebalan tubuh dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4, yang memegang peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

“Dalam data yang kami miliki, tercatat 31 kasus baru HIV hingga Juli 2023,” ungkap Dr. Ishak. Namun, yang lebih mengkhawatirkan adalah bahwa dari jumlah itu, sebanyak 17 kasus penularan terjadi akibat praktik seks sesama jenis. “Dalam istilah medis, hal ini dikenal sebagai LSL atau Lelaki Seks Laki-laki,” tambahnya.

Fakta bahwa mayoritas kasus baru HIV di Sidrap disebabkan oleh praktik seks sesama jenis menjadi sorotan serius. Hal ini menunjukkan perlunya pendekatan kesehatan yang lebih intensif dan upaya edukasi yang lebih luas untuk mencegah penularan HIV di kalangan masyarakat.

banner 650x900