Katasulsel.com – Kandungan kafein terdapat di dalam kopi hitam ternyata kaya manfaat bagi tubuh. Selain kandungan mineral terdapat dalam kopi juga memiliki manfaat penting bagi kesehatan tubuh, seperti kalium, magnesium dan mangan.

Sejumlah peneliti bahkan sudah membuktikan manfaat kopi hitam memiliki manfaat bagi tubuh jika dikonsumsi secukupnya. Kopi hitam mengandung vitamin B, vitamin B2, B3 dan B5. Karena banyaknya kandungan nutrisi di dalam kopi, sehingga sangat melimpah bagi kehidupan tubuh.

Berikut manfaat penting kopi hitam bagi tubuh :

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Menurut penelitian dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, orang yang kerap mengkonsumsi kopi hitam 3 hingga 5 kali, mengalami penurunan resiko gangguan jantung sebanyak 15 persen.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan kafein di dalam kopi dapat meningkatkan sistem metabolisme dan mempercepat pembakaran lemak. Penurunan berat badan bisa terjadi lebih cepat sehingga dapat membantu proses diet.

  1. Meningkatkan Energi

Sebagai besar masyarakat mengenal, kafein yang
terkandung di dalam kopi merupakan stimulan sistem saraf pusat yang mampu melawan menaklukan rasa kelelahan dan meningkatkan energi.

  1. Mencegah Depresi

Kelompok orang yang mengkonsumsi 4 cangkir kopi setiap hari memiliki angka depresi lebih rendah dari kelompok yang mengkonsumsi secangkir. Meski begitu, masih perlu terus dilakukan penelitian soal berapa banyak jumlah asupan kopi yang tepat untuk mengoptimalkan manfaatnya.

  1. Meningkatkan Daya Ingat

Kandungan kafein dalam kopi dapat mengoptimalkan kemampuan ingat dan fokus. Karena kandungan kafein dapat meningkatkan kemampuan otak dalam menyimpan memori jangka panjang.

Meski banyak manfaat yang terdapat dalam kopi, dianjurkan untuk tidak sembarangan mengkonsumsi kopi. Berikut tips aman mengkonsumsi kopi agar manfaat bisa dirasakan secara optimal.

Jangan menambahkan kopi dengan pemanis tambahan, seperti gula. Pastikan kamu mengonsumsi kopi yang organik dan alami. Hindari mengonsumsi terlalu banyak. Untuk menambahkan rasa dan aroma, sebaiknya tambahkan bahan alami, seperti kayu manis. Hindari menambahkan krimer atau susu.
Konsumsi kopi saat setelah makan. Sebaiknya konsumsi kopi pada pagi hari, jangan malam hari.

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com