banner 650x65

Katasulsel.com, Enrekang – Dalam rangka menjaga dan meningkatkan kondisi fisik prajuritnya secara berkala, Kodim 1419/Enrekang, yang berada di bawah Korem 41/Tp, menggelar tes Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik II tahun 2023 di Lapangan Abubakar Lambogo (Batili) pada hari Senin, 11 September 2023. Garjas Periodik ini merupakan bagian dari program rutin dari Komando Atas, dengan tujuan untuk mengevaluasi serta meningkatkan kemampuan fisik para prajurit dalam mendukung tugas pokok mereka agar berjalan lancar dan maksimal.

Sebelum mengikuti uji Kesamaptaan, semua anggota Kodim mengisi formulir pemeriksaan, menjalani pemeriksaan tensi darah yang dilakukan oleh Tim Kesehatan, dan melakukan pemanasan serta peregangan untuk menghindari cedera selama pelaksanaan Samapta. Uji Kesamaptaan ini terdiri dari Samapta A dan B. Samapta A mencakup lari selama 12 menit, sedangkan uji kesegaran B melibatkan Pull Up, Sit Up, Push Up selama 1 menit, dan Shuttle Run.

Pasipers Kodim 1419/Enrekang, Kapten Inf Abdul Gani, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan dan memelihara kemampuan fisik prajurit serta mengukur kemampuan mereka dalam mendukung tugas pokok TNI AD, khususnya di wilayah Kodim 1419/Enrekang.

Kapten Inf Abdul Gani juga menekankan pentingnya pelaksanaan tes kesegaran jasmani ini dengan serius dan memperhatikan faktor keamanan pribadi. Hal ini bertujuan untuk menghindari insiden yang dapat membahayakan diri sendiri selama pelaksanaan uji kesamaptaan. Tutupnya.

Setelah selesai menjalani tes kesegaran jasmani “A” dan “B,” kegiatan akan dilanjutkan dengan tes kemampuan dan keterampilan renang dasar militer gaya dada, yang akan dilaksanakan besok di Kolam Renang Lewaja. (*)

banner 650x900