banner 600x50

Katasulsel.com – Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidrap antusias melakukan transaksi pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) secara nontunai pada acara “Gemerlap ASN Digital”, Rabu (20/9/2023).

Transaksi nontunai dilakukan menggunakan kanal QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) melalui aplikasi mobile banking Bank Sulselbar.

Menariknya, ASN yang melakukan pembayaran PBB baik pokok maupun tunggakan melalui kanal QRIS, langsung diberi suvenir berupa minyak goreng satu liter. Mereka juga mendapat kupon undian dan berkesempatan mendapatkan hadiah kulkas, televisi, mesin cuci, dan kipas angin.

Acara digagas Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sidrap bekerjasama Bank Indonesia dan Bank Sulselbar, berlangsung di halaman Kantor Bapenda Sidrap, Kompleks SKPD, Kelurahan Batu Lappa, Kecamatan Watang Pulu.

Sekretaris Bapenda Sidrap sekaligus ketua panitia, Jemmi Harun mengatakan, Gemerlap ASN Digital berlangsung selama tiga hari, 20 s.d. 22 September 2023. Dalam acara ini juga disiapkan layanan pengaktifan m-banking Bank Sulselbar untuk ASN.

“Alhamdulillah kalau kita lihat di hari pertama berjalan lancar, antusias teman-teman dari ASN datang untuk melakukan pemenuhan kewajiban membayar PBB secara nontunai dengan menggunakan kanal pembayaran QRIS,” ujarnya.

Lebih lanjut Jemmi Harun mengatakan, Gemerlap ASN Digital ini merupakan Gerakan pembayaran PBB nontunai, sekaligus untuk mendorong ASN menjadi contoh di masyarakat dalam hal pembayaran PBB.

“Kami mencoba mendorong teman-teman ASN beralih ke transaksi nontunai sekaligus bisa menjadi contoh bagi masyarakat di Kabupaten Sidrap untuk semakin memanfaatkan kanal-kanal pembayaran nontunai yang telah disiapkan oleh Bapenda dan Bank Sulselbar dalam upaya kita meningkatkan elektronifikasi transaksi pemerintah daerah (ETPD),” jelasnya.

Hal ini juga sejalan dengan instruksi Bupati Sidrap agar ASN melakukan percepatan digitalisasi transaksi dengan mengunakan kanal-kanal pembayaran non tunai.

“Itu instruksi dari Bapak Bupati sehingga program ASN Digital bisa semakin meningkat di Kabupaten Sidrap,” pungkasnya.