banner 600x50

Katasulsel.com – Pemerintah Kabupaten Sidenreng Rappang Provinsi Sulawesi Selatan dan Pemkab Kutai Barat Provinsi Kalimantan Timur membangun kerja sama untuk mendukung ketersediaan dan stabilitas harga pangan, utamanya beras.

Hal itu ditandai kunjungan jajaran Pemkab Kutai Barat di Kabupaten Sidrap, Rabu (20/9/2023). Rombongan dipimpin Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kutai Barat, Dr. Rion bersama Kabag Kerja Sama Kutai Barat, Andi Kristison. Tampak dalam rombongan, Wakil Direktur BILD Institut Kalimantan Prof. Dr. Edwin Halim.

Kedatangan mereka disambut Bupati Sidrap diwakili Asisten Administrasi Umum, Nasruddin Waris di ruang rapat Sekretaris Daerah, Lantai III Kantor Bupati Sidrap, Kelurahan Batu Lappa, Kecamatan Watang Pulu.

Turut hadir Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, H. Azis Damis, Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan, Ibrahim, Kadis Perdagangan, Nurkanaah, dan Kabag Kerja Sama, Andi Besse.

Nasruddin menjelaskan, maksud kunjungan itu dalam rangka merintis kerja sama antar kedua daerah di bidang perdagangan beras. Kutai Barat, ungkapnya, membutuhkan pasokan beras dari Sidrap.

Mantan Kepala BKAD Sidrap itu memaparkan, sesuai data, kebutuhan beras Kutai Barat sekitar 1.200 ton per bulan yang sebagian besar dari Sidrap melalui Parepare.

“Sejauh ini memang beras di Kutai Barat dipasok dari Sulsel khususnya dari Sidrap dengan pola business to business. Kerja sama antar daerah ini nantinya akan dikuatkan lagi dengan MoU,” jelasnya.

“Harapan pemda agar sinergitas dan kolaborasi antar daerah akan terus berjalan ke depan dalam rangka pemenuhan kebutuhan akan sumber daya masing-masing daerah, karena setiap daerah memiliki potensi wilayah yang berbeda,” pungkas Nasruddin.

Usai pertemuan, rombongan melakukan kunjungan ke pabrik penggilingan beras PB. Rahma. Dalam rombongan Pemkab Kutai Barat juga hadir Petrus Husen (Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan), Eddi Gunawan (Sub Koordinator Distribus Pangan), Lelen Gloria (Analis Kebijakan di Bagian Ekonomi),
Leni Sudarman (Analis Pangan), dan Anelia Febrina (AKP-Ahli Pertama).

Sejumlah Staf Bagian Kerja Sama Pemkab Kutai Barat juga turut dalam rombongan. Mereka yakni Pilus, Katarina Elvia Lisa, Nurheni, Bertha Kundai.