banner 600x50

KATASULSEL.COM, SIDRAP – Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) Desa Kalempang, Kecamatan Pitu Riawa, Kabupaten Sidrap menjadi saksi dari sebuah kegiatan edukasi yang sangat penting pada hari Sabtu, tanggal 30 September 2023. Ka Polkes 14.09.19 Sidrap, Serma H. Ambo Meru, S.Kep., Ns., menggelar sesi pembelajaran tentang Keluarga Berencana (KB) yang dihadiri oleh warga masyarakat setempat.

Kegiatan ini mendapat sambutan hangat dari para hadirin, yang antusias mengikuti pemaparan yang disajikan oleh Serma H. Ambo Meru. Dalam sesi edukasi yang berlangsung, Serma H. Ambo Meru menjelaskan betapa pentingnya peran KB dalam membina rumah tangga. Salah satu poin penting yang disoroti adalah perlunya pasangan suami istri merencanakan jumlah anak yang diinginkan. Dalam konteks ini, edukasi KB dianggap sebagai langkah preventif untuk melindungi anak-anak dari dampak jangka panjang, terutama stunting.

“Keluarga Berencana bukan hanya soal mengatur jumlah anak, tapi juga berkaitan dengan kesehatan ibu dan anak. Salah satu dampak yang bisa dicegah adalah stunting, yang bisa berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan anak hingga dewasa,” jelas Serma H. Ambo Meru.

Sesi edukasi ini tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk bertanya dan berdiskusi tentang KB. Para peserta dengan antusias mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan topik tersebut, menunjukkan minat yang tinggi dalam memahami konsep dan implementasi KB dalam kehidupan sehari-hari.

Kepala Desa Kalempang, mengapresiasi kegiatan edukasi ini. “Kami sangat bersyukur atas edukasi yang diberikan oleh Ka Polkes Sidrap. Pengetahuan ini sangat penting bagi masyarakat kami karena akan membantu mereka membuat keputusan yang cerdas terkait keluarga mereka,” ujarnya

Sesi edukasi ini diharapkan menjadi langkah awal yang membawa perubahan positif dalam pemahaman masyarakat tentang pentingnya KB. Dengan pemahaman yang baik, diharapkan masyarakat dapat membangun keluarga yang sehat, bahagia, dan sejahtera.(*)