banner 650x65

KATASULSEL.COM,ENREKANG – Ratusan massa mengepung kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Enrekang Sulawesi Selatan, Senin (16/10/2023).

Ratusan massa ini menuding KPUD Enrekang tidak netral sebagai penyelenggara pemilu.

Aksi protes warga ini ditandai dengan blokade jalan. massa mulai anarkistis dengan melempari polisi dan Kantor KPUD Enrekang dengan air mineral.

Upaya persuasif yang dilakukan polisi untuk menenangkan massa gagal, mereka terus melempari Kantor KPU dan Polisi dan aksi itu kemudian dibalas dengan tembakan air dari mobil water canon. Ratusan polisi dari Dalmas juga dikerahkan untuk memukul mundur

Seorang demonstran dilaporkan terluka sementara tiga lainnya diduga sebagai provokator berhasil ditangkap.

Rangkaian peristiwa tersebut merupakan simulasi pengamanan atau Sispam Kota yang dilaksanakan Polres Enrekang dan jajaran dalam rangka pengamanan pilkada dan pilpres 2024 mendatang.

“Ketika terjadi aksi unjukrasa di kantor KPU kemudian kita buatkan skenario sispamkota guna mengamankan aksi unjukrasa agar berjalan aman dan tidak ada dampak kerugian materil maupun korban jiwa,” kata AKBP, Dedi Surya Dharma.SH.S.IK.MM , Senin (16/10/2023).

Kapolres Enrekang menambahkan Sispam Kota ini juga untuk melatih kesiapan personil dalam menghadapi situasi yang bersifat kontigensi agar memahami cara bertindak dan bagaimana mekanisme pelaporan apabila menemukan situasi kontigensi.

“Untuk kategori rawan, Enrekang hanya masuk dalam dimensi potensi gangguan kamtibmas, namun demikian situasi tersebut masih bisa kita kelola dengan baik,” ujarnya.
Lanjutnya kemudian menekankan kepada seluruh masyarakat enrekang, untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban utamanya ditahun politik ini.
SispamKota Polres enrekang diikuti ratusan personil dari jajaran Polres enrekang dan seluruh Polsek. Kasat lantas enrekang. Dandim 1419 Enrekang, ketua pengadilan Enrekang, kejari Enrekang, wskil ketua DPRD Enrekang dan Turut hadir Ketua KPUD enrekang Baharuddin. dan Ketua Bawaslu Enrekang.serta Kasat Satpol–pp Enrekang beserta personilnya. (*)

banner 650x650