banner 650x65

KATASULSEL.COM, JAKARTA — Kabupaten Enrekang dinobatkan sebagai Kabupaten Sehat 2023, dengan meraih penghargaan Swasti Saba Padapa pada acara Penganugerahan Penghargaan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Swasti Saba dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), berlokasi di Grand Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, Selasa (28/11/2023) malam.

Piagam dan piala penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan Budi G Sadikin, m dan diterima oleh Kadis Kesehatan Enrekang Nurjanna Mandeha dan Pj Ketua KKS Enrekang yang diwakili Hj Halifa Bando.

Menkes mengatakan, Anugerah Swasti Saba, diberikan pemerintah untuk daerah yang mampu menciptakan kabupaten dan kota yang bersih dan sehat.

Sekjen Kemendagri, Suhajar Diantoro yang mewakili Menteri Dalam Negeri mengatakan penghargaan Swasti Saba merupakan wujud apresiasi pemerintah pusat kepada pemerintah daerah yang sudah berdedikasi dalam menyelenggarakan KKS sesuai Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 Tahun 2005 dan Nomor 1138/Menkes/PB/VIII/2005.

Nurjanna Mandeha menyampaikan terima kasih atas apresiasi dari Kemenkes yang memberi pengakuan atas kualitas sektor kesehatan di Enrekang.

“Penghargaan ini merupakan buah kerja sama masyarakat dan pemerintah dalam hal mewujudkan program kabupaten sehat tahun 2023 sesuai indikator penilaian,” jelas Kadis Kesehatan.

Hj Halifa Bando menambahkan, penilaian penghargaan ini melibatkan lintas sektor dan lintas program melalui sembilan tatanan dalam KKS yaitu kehidupan masyarakat sehat mandiri; permukiman dan fasilitas umum; satuan pendidikan; pasar; pariwisata; transportasi dan tertib lalu lintas jalan; perkantoran dan perindustrian; perlindungan sosial; serta pencegahan dan penanganan bencana. 

Penilaian pelaksanaan KKS, dimulai dari melakukan bedah dokumen, verifikasi lapangan, hingga menetapkan hasil bagi daerah yang akan mendapat penghargaan.

Penghargaan Swasti Saba ada tiga tingkatan yakni Swasti Saba Padapa (Pemantapan), Swasti Saba Wiwerda (Pembinaan) dan Swasti Saba Wistara (Pengembangan).

banner 650x900