banner 650x65

KATASULSEL.COM, MAKASSAR — Pengurus Wilayah Ikatan Notaris Indonesia (INI) Sulawesi Selatan berhasil menyelenggarakan Ujian Kode Etik Notaris (UKEN) pada Selasa, 28 Mei 2024, di Hotel Foud Point, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Ujian ini diikuti oleh 61 peserta dari berbagai provinsi di Indonesia. UKEN dilakukan secara serentak di delapan wilayah, termasuk Pengwil Sulsel. Kabid Aset dan Kekayaan PP INI, Hustam Husaim, menjelaskan bahwa UKEN 2024 diawasi dan disupervisi langsung oleh PP INI di Pengwil Sulsel.

Hustam menyebutkan bahwa UKEN adalah kegiatan wajib yang dilakukan secara rutin oleh pengurus pusat, minimal dua kali setahun. Untuk pelaksanaan di Makassar, tiga orang dari pengurus pusat diutus untuk memberikan supervisi.

UKEN merupakan kegiatan final dari proses pendidikan calon notaris hingga mereka resmi menjadi notaris. Menurut Hustam, proses ini melibatkan pendidikan formal, magang di kantor notaris, dan ujian kode etik.

Anggota Dewan Kehormatan INI Sulsel, Andi Lola Rosalina, menekankan pentingnya menjaga etika dan profesionalisme sebagai calon notaris. Menurutnya, pelanggaran kode etik notaris akan ditangani oleh dewan kehormatan.

Ketua Panitia, Niny Savitry, menyampaikan rasa terima kasih atas lancarnya pelaksanaan UKEN. Dia berharap bahwa kegiatan ini memberikan pembelajaran bagi semua peserta agar acara berikutnya dapat berjalan lebih baik lagi.

Sebelum pelaksanaan ujian, soal dan lembar jawaban diserahkan langsung kepada Ketua Pengwil Sulsel, Trisnawaty Nadir, untuk kemudian diserahkan kepada Ketua Panitia. Acara juga dihadiri oleh anggota Dewan Kehormatan wilayah dan Ketua Pengwil Sulsel INI, Trisnawati Nadir.(*)

banner 650x650