banner 650x65

MUNA – Kasus korupsi kembali mencoreng nama baik pemerintahan daerah, kali ini melibatkan Bupati Muna, LM Rusman Emba, beserta dua pejabat terdahulu, mantan Kepala BKPSDM Sukarman Loke, dan mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Muhamad Syukur Akbar. Ketiganya masih menjalani masa tahanan atas tuduhan korupsi yang menggemparkan publik.

Pengawasan ketat dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pun tengah mengikuti perkembangan kasus tersebut. Kasatgas Korsup KPK wilayah IV.2, Tri Budi Rochmanto menegaskan pentingnya kesadaran para pejabat dalam mengelola keuangan negara. “Hati-hati dalam setiap langkah, karena kerugian negara bisa timbul dari tindakan yang tidak tepat,” ujarnya.

Tri Budi Rochmanto, yang pernah menangani kasus gratifikasi, menyoroti kurangnya pemahaman birokrasi terhadap aturan, yang menjadi celah bagi tindakan korupsi. Ia mendorong peran Asosiasi Pemeriksa Internal Pemerintah (APIP) dalam memberikan pendampingan untuk mencegah praktek korupsi di tubuh pemerintahan.

“Mari jadikan pengalaman buruk di Bumi Sowite sebagai pelajaran berharga. Komitmen dalam pencegahan korupsi harus diperkuat,” tambahnya.

banner 650x900