KATASULSEL.COM, SIDRAP — Kegiatan Diklatsar Pol PP dan Damkar di Kodim 1420/Sidrap memasuki hari kedua dimana materi kegiatan hari ini adalah diawali dengan materi mountenering/outbond yang dilaksanakan di seputaran Lapangan Ganggawa Kelurahan Lakessi Kecamatan Marittengae Kabupaten Sidenreng Rappang, Jumat (14/06/24).

Mountenering ini merupakan suatu cara dan teknik untuk melewati medan-medan yang sulit dan berbahaya. Materi yang diajarkan dalam kegiatan mountaineering/outbond kali ini adalah rappeling, jaring pendarat, rayapan tali satu dan penyebrangan jembatan tali dua.

Sebelum para peserta melaksanakan kegiatan tersebut, terlebih dahulu diajarkan untuk cara menggunakan tali jiwa yaitu dengan menggunakan ikatan komando dan memasang figur delapan dan carabiner untuk tetap utamakan faktor keamanan dan yang paling utama penyegaran.

Banyak sekali manfaat yang didapat dari kegiatan ini diantaranya adalah; pelajaran tentang disiplin, melatih jiwa kepemimpinan, memegang komitmen, tanggung jawab, tidak mudah putus asa, berani mengambil keputusan yang tepat, memiliki prinsip hidup dan siap menerima risiko.

Tujuan mountenering/outbound sebagai terapi bagi peserta yang tidak punya kemampuan banyak bicara, minder, dan kurang percaya diri. Kegiatan ini sendiri selalu mengedepankan kegiatan yang mampu menumbuhkan motivasi pada diri pesertanya. (*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com