Sidrap, Katasulsel.com — Tampak ada keraguan di awal, hal itu terlihat jelas di wajah personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sidrap yang sedang mengikuti Diklatsar di Kodim 1420/Sidrap. Namun, keraguan itu akhirnya terbantahkan. Mereka sukses menyeberangi jembatan meski hanya memanfaatkan tali.

Seperti itu gambaran yang terlihat dalam kegiatan Diklatsar Satpol PP Sidrap di hari kedua Diklatsar di Kodim Sidrap, Jumat, 14 Juni 2024. Diklatsar ini dilakukan Satpol PP Sidrap dalam rangka meningkatkan keterampilan dan keberanian

Menurut Komandan Kodim 1420 Sidrap, Letkol Inf Andika Ari P, SE, M.I.Pol, di hari kedua Diklatsar itu, khusus untuk mempelajari teknik mountaineering atau pendakian gunung serta aktivitas outbound. Latihan ini mengambil lokasi di Lapangan Ganggawa, Kelurahan Lakessi, Kecamatan Marittengae, Kabupaten Sidrap.

Dandim menjelaskan bahwa mountaineering ini merupakan salah satu materi utama dalam kegiatan tersebut. Mountaineering, mengajarkan peserta berbagai teknik untuk melewati medan yang sulit dan berbahaya. Salah satu kegiatan yang menarik perhatian adalah penyeberangan jembatan menggunakan tali, yang menguji keberanian dan keterampilan anggota Satpol PP Sidrap

Sebelum memulai kegiatan mountaineering, peserta dibekali dengan pengetahuan tentang penggunaan tali dengan memastikan keamanan sebagai prioritas utama. Mereka diajarkan teknik-teknik dasar seperti rappelling, jaring pendarat, dan penyeberangan jembatan tali.

Sementara, Kepala Satpol PP Sidrap, Usman Demma, mengatakan, kegiatan itu tidak hanya memberikan pengalaman fisik bagi personelnya, tetapi juga mengasah karakter anak buahnya.

“Kegiatan ini tidak hanya tentang fisik semata, tapi juga membentuk mental dan karakter, seperti disiplin, kepemimpinan, tanggung jawab, dan kesiapan untuk mengambil keputusan,” ujarnya.

Mountaineering dan outbound juga dianggap sebagai terapi bagi peserta yang mungkin kurang percaya diri atau minder. Kegiatan ini dirancang untuk meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri peserta.

Dengan demikian, kegiatan mountaineering dan outbound ini diharapkan dapat menjadi sarana yang efektif dalam membentuk karakter dan meningkatkan keterampilan anggota Satpol PP Sidrap dalam menghadapi berbagai tantangan di lapangan.(*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com