Katasulsel.com, Enrekang, – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX Sultan Batara melakukan verifikasi atas usulan penambahan program studi baru Universitas Muhammadiyah Enrekang (UNIMEN) di Ruangan BPH, Jum`at (14/6/2024).

Verifikasi ini dilakukan setelah UNIMEN mengusulkan penambahan beberapa program studi baru melalui Aplikasi Sipinter.
Menurut Ramli, S.Sos., M.Si. selaku Ketua Tim Verifikasi LLDIKTI bahwa verifikasi ini dilakukan untuk memastikan kesiapan Universitas Muhammadiyah Enrekang dalam mengusulkan program studi baru.

“Biasanya kami melakukan verifikasi via daring saja, namun karena UNIMEN mengusulkan beberapa program studi, maka kami dari Bagian Pengembangan Kelembagaan LLDIKTI harus melakukan verifikasi secara langsung,” katanya.

Ramli mengungkapkan bahwa tujuan verifikasi ini dilakukan untuk mengukur kesiapan aspek sumber daya manusia (calon dosen), legalitas lembaga, kurikulun dan sarana prasarana UNIMEN untuk menampung calon mahasiswa baru nantinya.

Sementara itu, Rektor UNIMEN Drs. H. Syawal Sitonda, M.Ag. memaparkan bahwa pertimbangan diusulkannya penambahan program studi baru adalah untuk menjawab animo dan keinginan masyarakat yang tinggi untuk kuliah di UNIMEN.

Sembilan program studi yang dikelola UNIMEN saat ini tentu belum cukup untuk menfasilitasi keseluruhan alumni SMA sederajat melanjutkan pendidikannya di UNIMEN. Mereka menginginkan adanya beragam pilihan program studi, lanjut Syawal.

Menurutnya, tahun ini UNIMEN akan mengusulkan 8 program studi baru masing-masing 2 program studi untuk tingkat Pascasarjana (S2) dan 6 untuk tingkat Sarjana (S1).

“Kami targetkan tahun ini UNIMEN sudah punya Program Studi Pascasarjana atau Magister (S2), begitu juga dengan program studi baru tingkat Sarjana. Semoga Allah memudahkan upaya kami dengan tim,” tegasnya.

Hal senada disampaikan Ketua Dewan Penyantun UNIMEN, Drs. H. Muslimin Bando, M.Pd. bahwa animo warga masyarakat dan para birokrasi di Kabupaten Enrekang untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi sangat tinggi, oleh karenanya kita harus fasilitasi.

Pergerakan urbanisasi alumni SMA sederajat ke Makassar setiap tahun harus ditekan, salah satunya dengan mempersiapkan beragam program studi baru.

Bayangkan setiap tahun, di Kabupaten Enrekang ada sekitar lima ribu lulusan SMA sederajat, maka dengan adanya program studi yang variatif kita bisa tahan minimal 10 persen dari mereka untuk melanjutkan kuliahnya di UNIMEN, ucap mantan Bupati Enrekang 2 periode ini.

Program studi Sarjana yang diusulkan UNIMEN yakni Pendidikan IPA, Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Rekayasa Sistem Komputer, Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian, Manjemen Bisnis Internasional, dan Desain Komunikasi Visual. Adapun program studi Magister (S2) yakni Pendidikan Dasar dan Pedagogi.

Hasil evaluasi Tim Verifikasi LLDIKTI bahwa secara umum UNIMEN telah memenuhi syarat untuk mengajukan penambahan program studi baru baik untuk Pascasarjana maupun untuk Sarjana namun tetap harus melakukan perbaikan untuk beberapa aspek termasuk melakukan penggantian calon dosennya yang belum memenuhi syarat.

Verifikasi usulan penambahan program studi baru UNIMEN dihadiri oleh Ketua Dewan Penyantun, Rektor, Wakil Rektor, para pejabat UNIMEN serta Tim Task Force Pengusulan Program Studi Baru. (*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com