banner 650x65

Meskipun semua ekstensi ini bermanfaat, menginstalnya di Chrome menimbulkan beberapa pertanyaan serius tentang seberapa aman ekstensi tersebut. Lagi pula, menurut Google, ada lebih dari 250.000 ekstensi yang tersedia di Toko Web Chrome. Tapi untuk mengakses fun88 tak perlu ekstensi, karena Anda bisa mengaksesnya lewat chrome web.

Berbagai pengembang dan perusahaan perangkat lunak besar mendesain ekstensi ini, dan toko Chrome memiliki proses peninjauan yang membantu memastikan keamanannya.

Namun, seperti semua hal di internet, ekstensi berbahaya dapat lolos dari pengawasan dari waktu ke waktu, sehingga penting bagi pengguna untuk berhati-hati saat menambahkan ekstensi ke Chrome.

banner 650x650

Ancaman tersembunyi: Ekstensi berbahaya

Selain memperhatikan izin yang diperlukan ekstensi Chrome yang Anda pertimbangkan, Anda juga harus memperhatikan apakah ekstensi yang akan Anda unduh sah. Pelaku kejahatan terkadang menyamarkan ekstensi sebagai alat yang sah tetapi kemudian menggunakannya untuk melakukan hal-hal seperti mencuri data atau menyuntikkan iklan ke situs web yang Anda kunjungi.

Seperti yang dapat Anda bayangkan, ekstensi berbahaya ini dapat membahayakan keamanan Anda dalam beberapa cara, termasuk mengambil informasi pribadi Anda, melakukan keylogging, atau melakukan man-in-the-middle atau jenis serangan siber lainnya. Karena ekstensi berbahaya ini menjadi lebih canggih, ekstensi ini menjadi jauh lebih sulit dideteksi.

Anda juga harus mewaspadai ekstensi klon yang terlihat seperti ekstensi populer tetapi mengandung kode berbahaya. Karena terlihat seperti ekstensi asli, ekstensi ini bisa sangat sulit dideteksi. Meskipun memiliki basis pengguna yang besar dan peringkat yang tinggi biasanya merupakan tanda yang baik bahwa suatu ekstensi itu sah, hal itu tidak selalu terjadi.

Pada tahun 2023, peneliti keamanan siber Wladimir Palant menemukan ekstensi “PDF Toolbox” memuat kode arbitrer dari situs web yang mencurigakan ke setiap situs web yang dilihat penggunanya. Google menghapus ekstensi yang bermasalah tersebut setelah studi Palant, dan sekelompok ahli lain menerbitkan makalah tentang topik tersebut.

Namun, apa yang terjadi dengan “PDF Toolbox” menjadi peringatan penting tentang kemungkinan jebakan saat mengunduh ekstensi Chrome.

Praktik terbaik untuk menggunakan ekstensi dengan aman

Jika Anda telah memutuskan untuk menggunakan ekstensi untuk Chrome, salah satu langkah terpenting yang dapat Anda ambil untuk menjaga keamanan Anda adalah dengan hanya memasangnya dari sumber tepercaya seperti Toko Web Chrome.

Dengan begitu, ekstensi yang Anda pilih telah menjalani setidaknya beberapa pemeriksaan keamanan, sesuatu yang tidak dapat dijamin saat Anda memasang ekstensi dari situs web pihak ketiga. Anda tidak boleh memasang ekstensi Chrome begitu saja dan melupakannya.

Sebaliknya, Anda harus meninjau ekstensi tersebut sesekali untuk memastikan Anda masih membutuhkannya, meninjau izinnya, dan memeriksa perilaku yang mencurigakan. Anda dapat melakukannya melalui menu ekstensi Chrome tempat Anda dapat mencari ekstensi yang tidak dikenal atau tidak diperlukan.

Saat Anda menghapus ekstensi yang tidak Anda gunakan, Anda mengurangi permukaan serangan browser, yang dapat membantu menjaga keamanan Anda saat menjelajah web.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan tentang ekstensi Chrome setelah memeriksa pengembang dan situs web mereka, Anda dapat menggunakan alat keamanan seperti CRXcavator untuk mengumpulkan informasi lebih lanjut tentang apakah itu mungkin merupakan ancaman keamanan.

Bergantung pada berapa banyak ekstensi yang Anda gunakan, ada kemungkinan Anda akan menemukan satu ekstensi yang tampak berbahaya. Jika itu terjadi, Anda harus melaporkannya ke Google. Dengan begitu, Google dapat menyelidiki ekstensi yang dimaksud dan menghapusnya dari Chrome Web Store jika perlu.

banner 650x650