Jakarta, Katasulsel.com – Kepala Korps Kepolisian Air dan Udara (Korpolairud) Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Inspektur Jenderal Polisi Mohammad Yassin Kosasih, menekankan pentingnya pengawasan terhadap lingkungan laut dan pesisir pantai kepada seluruh jajarannya. Dalam Rapat Koordinasi (Rakor) yang digelar pada 25-26 Juni 2024 di Aula RP Soedarsono, Markas Komando Direktorat Kepolisian Perairan (Ditpolair) Korpolairud Baharkam Polri, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Yassin menyoroti dua hal utama: kepekaan terhadap perubahan situasi lingkungan dan larangan keras atas pembiaran pelanggaran perusakan lingkungan.

“Pertama, tingkatkan kepekaan terhadap perubahan situasi lingkungan yang begitu cepat. Kedua, personel dilarang melakukan pembiaran terhadap pelanggaran pengerusakan lingkungan laut dan pesisir pantai,” ujar Yassin pada Rabu, 26 Juni 2024.

Selain menekankan pengawasan lingkungan, Yassin juga mengapresiasi berbagai program unggulan dan prioritas yang telah berjalan dengan baik. Ia mendorong evaluasi berkelanjutan untuk meningkatkan kinerja jajaran Korpolairud.

“Tingkatkan persamaan persepsi, rencana, dan langkah-langkah dalam melaksanakan tugas rutin, terkhusus menghadapi Pilkada serentak tahun 2024. Polairud siap mengamankan jalannya rangkaian pesta demokrasi sehingga dapat berjalan dengan sukses, aman, dan lancar,” tegasnya.

Jenderal bintang dua lulusan Akpol 1991 ini juga mengingatkan pentingnya persiapan matang mengingat setiap tahapan Pilkada memiliki potensi dan eskalasi kerawanan yang berbeda.

“Persiapkan mulai dari personel dan alutsista (alat utama sistem senjata) dengan baik, serta laksanakan Latkatpuan (latihan kemampuan) agar personel lebih siap lagi dalam menghadapi tantangan tugas di lapangan. Jalin komunikasi yang baik dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat di wilayah tugas masing-masing,” imbuhnya.

Yassin menjelaskan bahwa personel harus menguasai petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) kepolisian di lapangan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP), serta peraturan dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Ia menegaskan pentingnya menjalankan pola operasional Polairud mulai dari langkah preemtif, preventif, hingga penegakan hukum.

“Beberapa program unggulan dan program prioritas seperti: Polisi RW, Sambang Nusa Presisi, Perpustakaan, dan Klinik Terapung diharapkan tetap dilaksanakan dengan baik,” tambahnya.

Selain itu, Yassin mendorong peningkatan penggunaan teknologi informasi (IT) dan media sosial untuk meningkatkan citra Polri dan pelayanan kepada masyarakat.

“Hindari judi online! Sampaikan kepada personel jajaran agar jangan sampai coba-coba, apabila ada yang terlibat agar di proses oleh propam,” tegasnya.

Rakor pengamanan Pilkada ini dihadiri oleh seluruh Direktur Polairud Polda se-Indonesia serta pejabat utama Korpolairud Baharkam Polri. Para perwakilan menyampaikan pemaparan terkait tugas, fungsi, dan kerawanan di daerah masing-masing yang berkaitan dengan program unggulan Kabaharkam Polri dan pengamanan Pilkada serentak tahun 2024.

Jalannya rapat dilanjutkan dengan pemaparan oleh Karobinopsnal Baharkam Polri, Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri, dan Dirpoludara Baharkam Polri mengenai teknis penugasan kapal patroli polisi, helikopter, dan pesawat Polri dalam rangka pengamanan Pilkada. Hasil rapat koordinasi ini diharapkan menjadi pedoman pelaksanaan tugas di wilayah masing-masing. (*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com