Parepare, Katasulsel.com – Rektor Universitas Muhammadiyah Enrekang (UNIMEN), Dr. Drs. H. Syawal Sitonda, M. Ag. resmi menyandang gelar doktor setelah menyelesaikan seluruh rangkaian promosi doktor pada hari Kamis (4/7/2024) di Hotel Kenari, Kota Parepare.

Syawal Sitonda berhasil mempertahankan disertasinya dihadapan para Dewan Penguji dengan judul “Model Bimbingan Perkawinan dalam Meningkatkan Ketahanan Keluarga di Kabupaten Enrekang Perspektif Pendidikan Islam.”

Dihadapan Dewan Penguji dan para peserta promosi doktor yang hadir memadati ruangan sidang, Syawal Sitonda memaparkan hasil penelitian secara mendalam mengenai strategi dan model bimbingan perkawinan yang dapat memperkuat ketahanan keluarga di Kabupaten Enrekang berdasarkan perspektif pendekatan pendidikan Islam.

Menurutnya, ditengah tingginya angka perceraian yang terus menghantam keluarga Muslim, maka dibutuhkan pengembangan model bimbingan perkawinan yang komprehensif dalam rangka menjaga ketahanan keluarga.

“Merebaknya penceraian, kekerasan dalam rumah tangga dan munculnya fenomena childfree di tengah masyarakat khususnya umat Muslim adalah beberapa fenomena yang dihadapi saat ini. Oleh karena itu, penelitian ini menjadi penting diketengahkan untuk menjadi alternatif solusi atas permasalah ini,” ungkapnya.

Syawal Sitonda berhasil menyelesaikan pendidikan Program Doktoral di Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Parepare (UMPAR) pada Program Studi Pendidikan Agama Islam dengan masa studi 2 tahun 10 bulan.

Rektor UNIMEN ini dinyatakan lulus dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3.95 dengan predikat Cumlaude (Pujian).

Promosi doktor ini dihadiri oleh keluarga besar Syawal Sitonda serta sejumlah tamu undangan. Hadir pula Ketua Dewan Penyantun UNIMEN yang juga mantan Bupati Enrekang, Drs. H. Muslimin Bando, M.Pd. serta para jajaran staf dan dosen Universitas Muhammadiyah Enrekang.

Dr. Drs. H. Syawal Sitonda, M. Ag. menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukungnya dalam perjalanan akademiknya. “Ini adalah pencapaian bersama. Saya berterima kasih kepada keluarga, kolega, dan seluruh civitas akademika UMPAR yang telah memberikan dukungan dan doa sehingga saya bisa berada pada tahapan ini,” ujarnya.

Dengan gelar doktor yang kini disandangnya, diharapkan Dr. Drs. H. Syawal Sitonda, M. Ag., dapat memberikan kontribusi yang lebih besar bagi pengembangan Pendidikan Agama Islam dan peningkatan ketahanan keluarga di Kabupaten Enrekang serta memperkuat posisi Universitas Muhammadiyah Enrekang sebagai institusi pendidikan yang unggul. (*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com