banner 650x65

Enrekang, Katasulsel.com – Keluarga Besar Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Enrekang ikut berbahagia atas pencapaian gelar doktor salah satu pegawai Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di Kecamatan Alla, Dr. Patmawati.

Sidang terbuka promosi doktoral digelar di Hotel Bukit Kenari, Parepare, Kamis (4/7/2024). Selain sidang penguji, promovenda, juga disaksikan oleh para tamu undangan, salah satunya mantan Bupati Enrekang dua priode, Drs. H. Muslimin Bando.

banner 400x600

Dr. Patmawati berhasil mempertahankan penelitiannya yang berjudul “Analisis Kompetensi Penyuluh Agama Islam dalam Mengembangkan Dakwah Digital Terhadap Peningkatan Kualitas Pengamalam Agama di Kabupaten Enrekang” di hadapan para penguji dan promotor.

Dr. Fatmawati menjelaskan dalam sidang promosi tersebut bahwa daerah Enrekang dengan alamnya yang 80 persen terdiro dari bukit dan pegunungan ekstrim sangat menyulitkan penyuluh untuk menjangkau segenap mad’u atau sasaran dakwah, oleh karena itu harus dibantu dengan metode digital.

“Bukan berarti kita tinggal dakwah konvensional, tatap muka langsung kepada para jamaah, akan tetapi pada waktu dan kondisi tertentu dapat memanfaatkan media digital. Sekarang ini hampir semua orang paham mengoperasikan gawai,” jelasnya di hadapan penguji.

Prof. Ambo Asse selaku tim promotor dan penguji merekomendasikan kepada Rektor Univ. Muhammadiyah Enrekang agar mengakomodir Dr. Fatmawati sebagai dosen khusus.

“Selaku promotor, penguji, dan juga pimpinan wilayah Muhammadiyah merekomendasikan agar promovenda direkomendasikan sebagai dosen dengan nomor induk khusus sebab ia seorang PNS,” jelasnya.

Pimpinan Baznas Enrekang yang ikut hadir, H. Kamaruddin, Baharuddin, dan Dr. Ilham Kadir, serta sebagian staf, menyaksikan langsung proses promosi tersebut.

“Kami atas nama Pimpinan dan staf Baznas Enrekang mengucapkan selamat atas diraihnya gelar akademik tertinggi kepada Dr. Patmawati, semoga ilmunya bermanfaat untuk Baznas dan untuk umat secara umum,” ucap Pimpinan Baznas Enrekang, Dr. Ilham Kadir.

Dr Fatmawati merupakan penyuluh PNS di lingkup Kemenag Enrekang sekaligus sebagai Unit Pengumpul Zakat di Kecamatan Alla, Kabupaten Enrekang. Ia merupakan doktor ke-43 di Univ. Muhammadiyah Parepare dan alumni ke 949 Pasca Sarjana.(*)