banner 650x65

Jakarta – Dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-78, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) bekerja sama dengan Persatuan Olahraga Menembak dan Berburu Indonesia (Perbakin) menggelar Lomba Menembak Kapolri Cup 2024. Acara ini bertujuan untuk mempromosikan olahraga menembak di kalangan masyarakat serta meningkatkan keterampilan para atlet dan personel keamanan.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko mengungkapkan, lomba ini dibagi menjadi tiga kategori utama yaitu menembak sasaran atau target, tembak reaksi, dan menembak eksekutif atau duel flat. Setiap kategori memiliki beberapa sub kategori yang dirancang untuk menguji berbagai aspek kemampuan menembak.

“Lomba menembak ini sudah dimulai sejak tanggal 6 Juli dan akan berlangsung hingga 14 Juli 2024. Hingga hari ini, tercatat sebanyak 1.095 peserta yang sudah mendaftar, dan jumlah ini diperkirakan akan bertambah karena kami masih membuka pendaftaran on the spot,” jelas Trunoyudo dalam konferensi pers di Lapangan Perbakin, Senayan, Kamis (11/7/2024).

Rinciannya, sebanyak 582 peserta mengikuti kategori menembak sasaran, 199 peserta di kategori duel flat, dan 314 peserta dalam kategori tembak reaksi. Dengan pendaftaran yang masih dibuka, jumlah peserta diperkirakan akan terus bertambah.

Brigjen Trunoyudo juga menambahkan bahwa lomba ini melibatkan berbagai pihak termasuk personel TNI-Polri, para pemimpin redaksi media, serta pimpinan dari berbagai kementerian dan lembaga dalam kategori duel flat. Sementara itu, masyarakat umum dapat berpartisipasi dalam dua kategori lainnya.

“Lomba ini selain sebagai rangkaian HUT Bhayangkara ke-78, juga merupakan langkah untuk berkolaborasi dengan Perbakin dalam pembinaan atlet menembak. Tujuannya adalah untuk menjaring atlet potensial, baik dari kalangan sipil maupun internal kepolisian, serta melibatkan tiga angkatan yaitu Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara,” ujar Trunoyudo.

Acara puncak lomba ini akan diadakan pada Sabtu, 13 Juli 2024, dengan dihadiri oleh Kapolri bersama pejabat TNI dan kementerian/lembaga lainnya. Kapolri juga dijadwalkan untuk turut serta dalam perlombaan ini.

“Dengan kehadiran Bapak Kapolri beserta jajaran dari kementerian/lembaga dan TNI, kami berharap acara ini dapat berlangsung meriah dan sukses, serta memberikan kontribusi positif bagi perkembangan olahraga menembak di Indonesia,” tutup Trunoyudo.

Lomba Menembak Kapolri Cup 2024 diharapkan tidak hanya menjadi ajang kompetisi semata, namun juga menjadi sarana untuk mempererat hubungan antara Polri, TNI, dan masyarakat dalam semangat olahraga dan persatuan.(*)

banner 650x650