banner 650x65

Soppeng, Katasulsel.com — Lembaga Survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) mengonfirmasi penyelenggaraan survei terkait elektabilitas calon bupati yang akan bersaing dalam kontestasi politik di Kabupaten Soppeng. 

Dalam rilis resmi SMRC menjelang Pilkada Soppeng, Direktur Eksekutif SMRC, Deni Irvani, mengungkapkan hasil survei yang dilakukan pada medio Mei 2024. “Hasil survei ini baru kami sampaikan resmi pada hari ini,” ungkapnya.

Mayoritas pemilih di Soppeng, sebanyak 65%, dinyatakan baru akan menentukan pilihan mereka menjelang hari pemilihan, sementara 32% telah menentukan pilihan beberapa bulan hingga lebih dari setahun sebelumnya. Hanya 2% responden yang tidak memberikan jawaban terkait pilihan mereka.

banner 650x650

Deni juga menjelaskan bahwa SMRC telah memetakan kekuatan elektoral calon-calon yang berpotensi berpasangan dalam Pilkada Soppeng. 

Pengukuran terhadap potensi pasangan calon bupati dan wakil bupati telah dilakukan untuk memetakan peluang kandidat dan mengukur kekuatan elektoral mereka.

Dalam hasil survei, pasangan Suwardi Haseng – Selle KS Dalle unggul dengan 35% jika pemilihan dilakukan pada periode survei. 

Sementara itu, dalam simulasi pasangan calon yang lebih terfokus, pasangan Suwardi Haseng – Selle KS Dalle memperoleh dukungan 44%, diikuti oleh pasangan Andi Mapparemma – Andi Adawiah dengan 30.7%.

Metodologi survei melibatkan 810 responden yang dipilih secara acak dengan metode stratified multistage random sampling. 

Toleransi kesalahan survei diperkirakan sebesar ±3.5% pada tingkat kepercayaan 95%. 

Direktur Eksekutif SMRC, Deni Irvani, menjelaskan hasil simulasi pilihan terbuka dan semi terbuka untuk calon bupati dan wakil bupati Soppeng, yang memberikan gambaran dukungan dari responden terhadap calon-calon tersebut. (bar)

banner 650x650