banner 650x65

Gowa, Katasulsel.com — Dengan tema “Harmony of Malino,” Beautiful Malino 2024 kembali digelar di Hutan Pinus Malino, Kecamatan Tingimoncong.
Acara ini dibuka oleh Pj Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh, bersama Kapolda Sulsel, Irjen Pol Andi Rian R Djajadi, didampingi Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, dan Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, mengungkapkan bahwa sejak event ini dimulai pada tahun 2017, kunjungan wisatawan ke Gowa terus meningkat, yang berdampak positif terhadap ekonomi lokal.

“Alhamdulillah, sejak event ini terlaksana, terjadi kenaikan kunjungan wisatawan yang berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan ekonomi. Dengan ekonomi yang tumbuh, lapangan pekerjaan terbuka lebar, mengurangi pengangguran dan kemiskinan di wilayah Gowa,” ujar Adnan.

banner 650x650

Keberhasilan event ini juga menarik minat investor. Tahun 2024 mencatat total investasi sebesar Rp 8,1 triliun, dengan Rp 400 miliar di antaranya dalam sektor pariwisata.
“Peningkatan wisatawan memberikan efek domino positif, salah satunya adalah peningkatan investasi di sektor pariwisata. Ini menunjukkan minat investor yang semakin tinggi karena hadirnya Beautiful Malino,” jelasnya.

Statistik kunjungan wisatawan menunjukkan tren meningkat setiap tahun.

Dari 19.427 pengunjung pada tahun 2017, meningkat menjadi 60.275 pengunjung pada tahun 2023.

“Kami berharap event Beautiful Malino ini terus berlanjut karena mendapat respons positif dari masyarakat, dengan kunjungan yang meningkat dan perputaran uang yang juga meningkat,” tambah Adnan.

Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Zudan Arif Fakrulloh, memberikan apresiasi atas event tahunan ini.
“Ini adalah event yang sangat bagus. Kami dari provinsi mendukung penuh dan berharap tahun depan semakin ramai. Event ini diharapkan bisa membuat masyarakat bergerak bersama untuk mengembangkan pariwisata lokal Gowa hingga regional Sulawesi Selatan,” harapnya.

Selain Pj Gubernur dan Kapolda Sulsel, acara ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Gowa Abdul Rauf Malaganni, Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa Abdul Karim Dania, Forkopimda Kabupaten Gowa, Perwakilan Forkopimda Sulsel, dan ribuan masyarakat yang memadati Hutan Pinus Malino.

Beautiful Malino 2024 berlangsung hingga Minggu, 14 Juli, dengan berbagai kegiatan menarik seperti Music & Art Fest, Culinary Showcase & Bazaar, Fashion Carnaval, Lari Lintas Alam, Malino Trail Adventure, Summer Camp, dan Mountain Bike & Challenge.

Acara ini tidak hanya menjadi ajang hiburan, tetapi juga platform untuk mempromosikan kekayaan alam dan budaya Gowa, serta mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.(*)

banner 650x650