banner 650x65

Sidrap, Katasulsel.com — Kabupaten Sidrap melaksanakan Upacara Peringatan Integritas Nasional Tingkat Kabupaten, dipusatkan di Kantor Gabungan SKPD di Jl. Harapan Baru, Kelurahan Batu Lappa, Kecamatan Watang Pulu, Rabu, 17 Juli 2024, pagi. 

Upacara yang dipimpin oleh Dandim 1420/Sidrap, Letkol Inf Awaloeddin, S.I.P, berlangsung khidmat dan penuh makna.

Dalam upacara tersebut, berbagai perangkat upacara turut berperan penting. Letkol Inf Awaloeddin, S.I.P bertindak sebagai Inspektur Upacara, sementara Ps. Pasi Pers Dim 1420/Sidrap, Lettu Inf Abd Muiz, menjadi Perwira Upacara. 

Komandan Upacara dijabat oleh Danramil 1420-06 Panca Rijang, Lettu Inf Ratno, S.Sos. Babinsa 1420-01 Panca Lautang, Serda Isman, mengucapkan Sapta Marga, sedangkan Pembukaan UUD 1945 dibacakan oleh Staf BKPSDM, Muh. Wardiman Rzak, S.Ip. Anggota Sabhara, Bribda Fajrin, mengucapkan Tri Brata dan Staf BKPSDM, Darsiana Darwal, S.Tr.Ip, mengucapkan Panca Prasetya Korpri. 

Acara dipandu oleh Batih Pers Dim 1420/Sidrap, Pelda Kasruddin, dan doa dipanjatkan oleh Muhammad Idham, Lc dari Kemenag Kab. Sidrap.

Sejumlah pejabat penting turut hadir dalam upacara ini, termasuk Pj. Bupati Kab. Sidrap yang diwakili oleh Asisten II, H. Siara Barang, S.H., M.Si; Kapolres Sidrap, AKBP Dr. Fantry Taherong, S.I.K, S.H, M.H; Wakil Ketua DPRD Kab. Sidrap, Kasman, S.HI; Kepala Kejaksaan Negeri Sidrap, Sutikno, S.H., M.H; Kapolsek Watang Pulu, Iptu Ahmad B. Tangko, S.H; para Pejabat Utama Kodim 1420/Sidrap; para Kepala OPD Kab. Sidrap; serta para asisten, staf ahli, dan tamu undangan lainnya.

Dalam amanatnya, Letkol Inf Awaloeddin menekankan pentingnya upacara ini sebagai sarana komunikasi bagi forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) untuk menyampaikan kebijakan dan petunjuk guna menyongsong tugas yang semakin kompleks dan dinamis. 

Dia mengajak seluruh peserta upacara untuk menanamkan jiwa patriotisme, menjadi duta bela negara, dan menjaga kemurnian Pancasila. 

“Sebagai warga negara Indonesia, mari kita tanamkan jiwa patriotisme sehingga terpatri sebagai keluarga besar patriot bangsa. Jadilah garda terdepan untuk menjaga kemurnian Pancasila dalam bangsa dan bernegara,” ujarnya.

Dandim juga mengingatkan akan pentingnya kesadaran bela negara yang harus dimiliki setiap warga, menekankan bahwa dalam darah kita mengalir darah pejuang sejati yang diwarisi dari pendiri Republik Indonesia. 

Di kesempatan itu, Dandim juga mengajak untuk meningkatkan sinergitas dalam memberikan kontribusi positif terhadap negara dan masyarakat luas, khususnya di wilayah Kabupaten Sidrap.

Di akhir amanatnya, Letkol Inf Awaloeddin mengingatkan tentang maraknya judi online yang melibatkan oknum TNI, Polri, dan ASN. 

“Ini adalah ancaman nyata dan serius yang harus kita sikapi dengan cermat,” tegasnya.

Upacara ini dihadiri oleh berbagai peserta, antara lain 2 peleton personil Kodim 1420 Sidrap, 1 peleton personil Polres Sidrap, 1 peleton personil Satpol PP Sidrap, 1 peleton Damkar, 1 peleton Dishub Sidrap, 

Ada juga, 1 peleton Pemda Keki Sidrap, 1 peleton Pemda Korpri Sidrap, 1 peleton Kemenag Sidrap, dan 3 peleton PGRI Sidrap. 

Upacara ini berjalan dengan lancar dan penuh semangat, menandai komitmen bersama untuk menjaga integritas nasional dan kebersamaan dalam membangun bangsa.

banner 650x650