banner 650x65

Enrekang, Katasulsel.com – Pj Bupati Enrekang, Dr. H. Baba, SE. MM, bersama Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Enrekang, Dr. Dadang Sumarna, S.Pd. M.Pd, memenuhi undangan kunjungan kerja dan ceramah umum bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas, M.Si, sebagai keynote speaker.

Kegiatan tersebut juga dihadiri langsung oleh Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, para kepala daerah Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan, serta sejumlah pejabat Pemprov Sulsel, dan rombongan dari Kementerian.

Ceramah umum yang digelar di Ruang Kantor Gubernur Sulsel, pada jumat (19/07/2024) ini, Menpan RB menekankan pentingnya reformasi birokrasi untuk meningkatkan efisiensi pelayanan publik. Ia menyatakan bahwa reformasi birokrasi tidak hanya tentang perubahan struktural, tetapi juga perubahan budaya kerja yang lebih efisien dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

banner 650x650

Reformasi birokrasi harus dimulai dari perubahan paradigma dalam manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN),” ujar Abdullah Azwar Anas. “Kita harus menciptakan birokrasi yang lebih lincah dan responsif agar bisa memberikan pelayanan publik yang lebih baik.

Selain itu, Menpan RB juga menyampaikan pentingnya penyederhanaan jabatan di dalam struktur pemerintahan. Menurutnya, penyederhanaan ini dapat membantu menciptakan birokrasi yang lebih cepat dalam mengambil keputusan dan lebih fleksibel dalam merespons kebutuhan masyarakat. “Dengan menyederhanakan jabatan, kita bisa mengurangi birokrasi yang berbelit-belit dan mempercepat proses pelayanan publik,” tambahnya.

Usai kegiatan, Pj Bupati Enrekang, Dr. H. Baba mengapresiasi ceramah yang disampaikan Menpan RB. “Kami sangat terinspirasi oleh arahan dari Bapak Menteri. Ini menjadi motivasi bagi kami di Enrekang untuk terus berbenah dan meningkatkan kualitas pelayanan publik, “ujar H. Baba dalam pesan singkatnya pada jumat (19/07). Ia juga menegaskan bahwa Kabupaten Enrekang akan terus mendukung program-program reformasi birokrasi yang dicanangkan oleh pemerintah pusat

Kehadiran Dr. Baba dan Dr. Dadang Sumarna dalam acara tersebut menunjukkan komitmen Pemerintah Kabupaten Enrekang untuk terus belajar dan berinovasi dalam mengembangkan sumber daya manusia serta meningkatkan kinerja aparatur sipil negara. Hal ini sejalan dengan visi pemerintah daerah untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Enrekang. (*)

banner 650x650