banner 650x65

Sidrap, Katasulsel.com — Dalam rangka mempersiapkan pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2024/2025, dilaksanakan Apel Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) di Lapangan Sepak Bola Bojoe, Kelurahan Arawa, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidrap, Rabu, 31 Juli 2024.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting dan personil keamanan dari berbagai instansi.

Apel simulasi yang dimulai pukul 08.00 Wita ini dihadiri oleh Pj Bupati Sidrap yang diwakili oleh Asisten II Drs. Muhammad Ikbal M.Si, Dandim 1420/Sidrap Letkol Inf Awaloeddin S.IP, Ketua DPRD Kabupaten Sidrap H. Ruslan SH., MAP, Danyon Brimob Kompol Ramli M.Si M.M.

Hadir pula, Kepala Kejaksaan Negeri Sidrap Sutikno SH., MH, Kasdim 1420/Sidrap Mayor Arm Ari Widarto, Pj Ketua BPN Sopyan A.DJalil SH, Kepala Badan Kesbangpol M.Arsul S.Ip, M.Si, Ketua KPU Kabupaten Sidrap Samsuddin Saleng, Ketua Bawaslu Muhardin S.H, serta para camat, kepala desa, dan lurah se-Kabupaten Sidrap.

Dalam sambutannya, Kapolres Sidrap menekankan pentingnya latihan Sispamkota sebagai persiapan awal sebelum memasuki tahap pelaksanaan Operasi Mantap Praja Pallawa 2024/2025.

Kapolres menegaskan bahwa latihan ini merupakan bagian penting dalam memastikan kesiapan personil Polres Sidrap dalam menjalankan tugas pengamanan pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Sidrap.

“Latihan ini melibatkan 289 personil yang terbagi dari bagian satu seksi dan Polsek jajaran, dan akan menentukan tingkat keberhasilan dalam tugas Operasi Mantap Praja Pallawa 2024/2025 yang akan dimulai pada 1 Agustus 2024,” ujar Kapolres.

Letkol Inf Awaloeddin S.IP, Dandim 1420/Sidrap, juga menyampaikan komentarnya mengenai latihan ini.
“Kesiapan dan koordinasi antar instansi sangat penting dalam menghadapi potensi kerawanan selama tahapan Pilkada. Kami dari Kodim 1420/Sidrap siap mendukung penuh pelaksanaan pengamanan ini demi terciptanya Pilkada yang jujur, adil, amanah, dan damai,” tegas Dandim.

Selain itu, Dandim menambahkan bahwa latihan ini bukan hanya untuk meningkatkan kesiapan personil, tetapi juga sebagai wujud nyata sinergi antara TNI, Polri, dan instansi terkait dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Sidrap.

“Kami akan terus berupaya menjaga dan memelihara kesehatan serta kesiapan personil agar tidak ada korban jiwa seperti yang terjadi pada pemilu 2019 lalu,” lanjutnya.

Peserta apel simulasi terdiri dari berbagai satuan, termasuk satu peleton personil Kodim 1420 Sidrap, satu peleton Brimob Batalyon C Parepare, personil Polres dan Polsek yang disprintkan, satu kompi Dalmas Inti Samapta Polres Sidrap.

Lalu, satu peleton Sat Reskrim, satu peleton staf gabungan Polres Sidrap, satu peleton Satpol PP, satu peleton Damkar, satu peleton Sat Penanggulangan Bencana, satu peleton Dinas Perhubungan, dan satu peleton Linmas.

Kegiatan apel simulasi ini berjalan dengan aman dan lancar, serta berakhir pada pukul 09.17 Wita. Dengan pelaksanaan latihan ini, diharapkan semua pihak yang terlibat dapat lebih siap dan sigap dalam menghadapi berbagai situasi selama tahapan Pilkada Serentak 2024/2025.(*)

banner 650x650