banner 650x65

Enrekang, Katasulsel.com – Polres Enrekang laksanakan apel gelar pasukan dalam rangka pengecekan akhir kesiapan personel maupun Sapras Operasi Mantap Praja 2024, di halaman Mapolres Enrekang. Rabu (31/07/2024)

Pelaksanaan apel gelar pasukan Operasi kepolisian dengan sandi “Mantap Praja Pallawa 2024-2025” dalam rangka pengamanan Pilkada dipimpin langsung Kapolres Enrekang AKBP Dedi Surya Dharma SH SIK MM.

Sebagai komandan upacara adalah KBO Sat Intelkam Ipda Muhammad Asrian Jaya Tahir SH dan sebagai Perwira upacara adalah Kasikum Polres Enrekang, AKP Suyitno.

Hadir pada kegiatan Tersebut
diantaranya Dandim 1419 Enrekang Letkol Inf Augustiar Adinegoro, Ketua Pengadilan Negeri Enrekang Ari Prabowo, SH, MH, Ketua DPRD Kabupaten Enrekang M. Idris Sadik, S.Sos, MM., Mewakili Kepala Kejaksaan Negeri Enrekang Kasi Pidum Andi Dharman Koro, S.H.

Juga hadir Kepala Bakesbangpol Enrekang Drs. Hanafi Anggoro, Mewakili Ketua KPU Kabupaten Enrekang Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan Peri Herianto, SH., Kasi Operasional mewakili Kasatpol PP dan Damkar Dedi Yunus, SH, Mewakili Kasatpol PP Drs. Husain, Sekretaris Dishub Enrekang Haming SH, para PJU dan Kapolsek Jajaran Polres Enrekang.

Untuk barisan upacara diikuti jajaran anggota Polres Enrekang Meliputi Satuan Samapta,Sat Lantas , Reskrim-Intelkam., peleton TNI Kodim 1419 Enrekang, Satpol-PP, Dinas Perhubungan , BPBD Enrekang dan TRC Dinas Kesehatan kabupaten Enrekang.

Seperti biasanya apel dimulai pukul 08.00 Wita, selanjutnya dilakukan pengecekan barisan yang dipimpin Kapolres Enrekang AKBP Dedi Surya Dharma SH SIK MM. didampingi Kompol Sulkarnain SKM, M.Adm, SDA., Dandim 1419 Enrekang Letkol Inf Augustiar Adinegoro, Ketua Pengadilan Negeri Enrekang Ari Prabowo, SH, MH, Ketua DPRD Kabupaten Enrekang M. Idris Sadik, S.Sos, MM., dan Kabag Ops Polres Enrekang Kompol Andi Asdar, A.Md.

Dalam pelaksanaan upacara, Kapolres Enrekang AKBP Dedi Surya Dharma SH SIK MM. Membacakan amanat kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan Irjen Pol. Andi Rian R Djajadi, S.I.K., M.H. terkait pelaksanaan Apel gelar pasukan operasi mantap Praja Pallawa 2024-2025.

Usai membacakan amanat Kapolda Sulsel , Kapolres Enrekang kembali menekankan bahwa pada pelaksanaan operasi mantap Praja untuk tingkat jajaran polres Enrekang akan mengamankan Pemilihan kepala Daerah Pilgub-Wagub dan Pilbup-wabup, sehingga sebagai aparat pengamanan punya tanggung jawab untuk memastikan seluruh rangakaian proses demokrasi ini dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

“Pelaksanaan apel gelar pasukan Operasi kepolisian dengan sandi “Mantap Praja Pallawa 2024-2025″ dalam rangka pengamanan Pilkada, melihat pentingnya hal ini maka seluruh elemen yang terlibat dalam hal pengamanan harus berpartisipasi penuh guna mensukseskan pemilihan Gubernur -Wakil Gubernur dan pemilihan Bupati dan wakil Bupati kabupaten Enrekang ” ungkap AKBP Dedi Surya Dharma SH SIK MM

” Operasi mantap Praja Pallawa 2024, dilaksanakan selama 138 Hari mulai tanggal 1 Agustus 2024 sampai dengan 16 Desember 2024″

” Dalam menjaga Harkamtibmas tetap kondusif, kita telah melakukan serangkaian kegiatan KRYD berupa patroli gabungan melibatkan TNI-POLRI dan instansi lain, serta Cooling Sistem untuk mengantisipasi polarisasi akibat berita Hoax , Isu Sara dan Black Campaign menjelang tahapan inti Pilkada, maka dari itu juga perlu dilakukan mapping potensi konflik sosial secara detail untuk kemudian diselesaikan hingga ke akar masalahnya, sehingga rangakaian proses demokrasi ini dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar” Ujar Kapolres Enrekang

Dalam amanat yang bacakan Kapolres Enrekang, juga disampaikan beberapa poin penting Pada pelaksanaan operasi Mantap Praja diantaranya Persiapan dan Kesiapan, Sikap Profesionalisme, Kewaspadaan dan Antisipasi, Pengamanan TPS dan Proses Pengamanan Suara, serta Pengawalan dan Pengamanan Logistik Pilkada.(*)

banner 650x650