banner 650x65

Enrekang, Katasulsel.com – Guna mendorong peningkatan literasi dan penyediaan ruang apresiasi sastra kepada masyarakat Enrekang,

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispustaka) Kabupaten Enrekang menggelar kegiatan festival literasi Massenrenpulu 2024.

Kegiatan ini akan berlangsung tanggal 5-8 Agustus 2024 dan melibatkan berbagai kalangan.

“Di festival literasi kali ini, Dispustaka mendorong tumbuhnya minat terhadap sastra dan bacaan fiksi yang dapat menghidupkan daya imajinasi,” ujar Plt Kepala Dispustaka Enrekang, Amrullah, jumat, (02/08/2024).

Dikatakan Amrullah bahwa pada tahun 2024 ini, mengenai sastra, khususnya dalam dunia pendidikan, setelah diluncurkannya program “Sastra Masuk Kurikulum” oleh Kemendikbud beberapa bulan lalu, yang menjadi salah satu respon Dispustaka Enrekang untuk menghadirkan item kegiatan yang berkaitan dengan sastra.

Melalui festival ini, Dispustaka Enrekang mengajak masyarakat untuk berkunjung dan memanfaatkan koleksi fiksi dan sastra yang tersedia di Perpustakaan Umum Kabupaten Enrekang.

“Tentunya, menyambut kegiatan tersebut, kami mengajak partisipasi masyarakat Enrekang untuk ikut serta mengirimkan karyanya dalam lomba tersebut,” tutup Amrullah.

Sementara itu Irsan yang dipercayakan menjadi ketua panitia festival Massenrenpulu, menjelaskan bahwa lomba yang diselenggarakan ada beberapa yakni lomba cerpen, lomba cipta dan baca puisi, lomba mewarnai, mendongeng, diskusi buku fiksi, dan workshop menulis cerpen. 

“Dengan kehadiran Sastrawan Muda,ini bisa menginspirasi dikalangan anak muda Massenrempulu, apalagi Faisal Oddang banyak mengangkat tema-tema lokal yang ada di Sulawesi Selatan,” jelas ketua panitia festival Massenrenpulu, Irsan
Lebih Lanjut kegiatan ini akan dipusatkan di aula Dispustaka Enrekang, dengan melibatkan kalangan anak-anak, peserta didik, mahasiswa, dan masyarakat umum melalui kegiatan lomba dan workshop.

Untuk kegiatan workshop menulis cerpen, rencananya akan menghadirkan sastrawan muda Asean asal Makassar, Faisal Oddang. Kehadirannya diharapkan dapat memberikan motivasi dan juga membagikan pengetahuannya dalam kepenulisan sastra yang mengangkat tema-tema lokal, jelas Irsan selaku ketua panitia Festival Massenrempulu.’ (*)

banner 650x650