banner 650x65

Subuh yang dingin di Kabupaten Sidrap, penghasil beras dan telur terbesar di Indonesia, dipenuhi oleh suasana yang berbeda hari ini, Rabu (14/8).

Oleh: FT

SAYUP-SAYUP, kumandang adzan Subuh menggema di sudut kota, memanggil umat Islam untuk memulai hari dengan ibadah.

Di tengah keramaian tersebut, sejumlah pria berseragam polisi tampak menaiki tangga Masjid Raya Islami Center, menandakan adanya peristiwa yang istimewa.

Rabu subuh itu, Masjid Raya, yang biasanya dipenuhi oleh jamaah lokal, kini dipenuhi oleh para anggota Polri yang hadir dalam balutan pakaian dinas mereka.

Dari kejauhan, Kapolres Sidrap AKBP Dr. Fantry Taherong, S.H., S.I.K., M.H., terlihat memimpin anggotanya menunaikan salat Subuh berjamaah di masjid kebanggaan warga Kota Pangkajene ini.

Salat Subuh berjamaah kali ini, di Imami oleh Ustad H. Ibrahim Thoyib, S.H., sedangkan Tausyiah dari MUI Kabupaten Sidrap, Anregurutta Drs. Andi Jamal Patombongi.

Kapolres Fantry juga punya job di rangkaian ibadah itu dengan memberikan himbauan kamtibmas. Ada juga sesi tanya jawab dengan jamaah yang hadir. Diskusinya cair, suasananya terasa begitu adem.

Perwira Polri dengan tanda pangkat dua melati di pundaknya itu menegaskan, salat Subuh berjamaah itu merupakan salah satu prioritas utama dari enam program yang sedang dilaksanakan.

“Memakmurkan Masjid seperti ini, salah satu program kami bapak ibu sekalian. Inshaallah, ini akan berkesinambungan dari masjid ke masjid di Kabupaten Sidrap,” ujar Kapolres Fantry.

Perwira menengah Polri yang tak asing lagi di Sidrap itu (Pernah bertugas selaku Kasat Intelkam, red), menambahkan, program religi itu akan dilengkapi dengan pembersihan tempat ibadah dan kegiatan keagamaan lainnya.

Bagi Kapolres Fantry, Masjid adalah tempat yang sangat mulia dan utama untuk kegiatan ibadah umat Islam. Masjid merupakan rumah Allah SWT, tempat yang sangat dicintai-Nya.

“Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an, “Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah adalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir…’ (QS. At-Taubah: 18),” ujarnya.

Karena itulah, sambungnya, umat Islam harus memakmurkan masjid sebagai bentuk cinta kita kepada-Nya, termasuk anggota kepolisian yang menganut agama ini.

banner 650x650