banner 650x65

Selain itu, cakupan elektrifikasi dan internet yang akan diperluas pada tahun 2024 bertujuan untuk mendukung digitalisasi UMKM dan mendorong pengembangan startup di Indonesia.

“Dengan ekosistem digital yang mendukung, kita berharap dapat melahirkan lebih banyak entrepreneur muda yang berkualitas di negeri ini,” kata Presiden.

Presiden Jokowi juga menekankan dukungan pemerintah terhadap produk dalam negeri dengan memprioritaskan belanja APBN, APBD, dan BUMN untuk produk-produk lokal. “Kami ingin memastikan bahwa apa yang berasal dari rakyat dapat kembali ke rakyat dan bermanfaat maksimal bagi masyarakat,” tambahnya.

Dalam bidang hukum, Presiden mengungkapkan rasa syukurnya atas pencapaian reformasi hukum yang signifikan, termasuk peluncuran Kitab Undang-Undang Hukum Pidana yang baru, UU Cipta Kerja, dan UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual. “Kitab Undang-Undang Hukum Pidana yang baru adalah langkah besar dalam memodernisasi hukum Indonesia.

UU Cipta Kerja juga telah merevisi 80 UU dan 1.200 pasal untuk menderegulasi peraturan yang tumpang tindih, sementara UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual memberikan perlindungan nyata, terutama bagi perempuan dan anak-anak,” pungkas Presiden Jokowi.

Pidato tersebut mencerminkan tekad dan strategi pemerintah dalam mengatasi tantangan ekonomi dan sosial sambil memastikan bahwa setiap langkah yang diambil bertujuan untuk kesejahteraan rakyat Indonesia.(*)

banner 650x650