banner 650x65

Enrekang, Katasulsel.com – Penjabat Bupati Enrekang, Dr. H. Baba, memimpin Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 tahun 2024 dengan tema “Nusantara Baru Indonesia Maju” pada Sabtu (17/08/2024). Berlangsung khidmat di Lapangan Abu Bakar Lambogo, Enrekang.

Bertindak sebagai Komandan Upacara didapuk oleh Ipda Ery Antho Apdha, jabatan Kanit Regident Polres Enrekang sementara Perwira Upacara adalah AKP Suyitno, jabatan Kasi Hukum Polres Enrekang.

Upacara dimulai tepat pukul 10.00 WITA, diawali dengan bunyi sirine selama satu menit. Setelah itu, Ketua DPRD Enrekang, Muh Idris Sadik, membacakan naskah proklamasi yang pertama kali diucapkan oleh Proklamator RI, Ir. Soekarno, 79 tahun silam.

Sebagai inspektur upacara, Pj Bupati H. Baba memimpin peserta untuk mengheningkan cipta, mengenang jasa para pahlawan bangsa. Doa kemudian dipimpin oleh Kepala Kemenag Enrekang, Ramli Rasyid.

Pengibaran Bendera Merah Putih dilakukan oleh 70 pelajar sebagai anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibra). Pasukan ini dipimpin oleh Ipda Muhammad Asrian Jaya Tahir, jabatan Kaurbin Ops Sat Intelkam Polres Enrekang. Pembawa baki bendera adalah Muqninah Wahidin, siswi SMA Negeri 3 Enrekang. Adapun pengibar bendera adalah Dede Prawira dari SMA Negeri 4 Enrekang, Al Ibra Anggara dari SMA Negeri 10 Enrekang, dan Muh Satya Prapanca dari SMA Negeri 6 Enrekang.

Dalam upacara tersebut, selain Pj Bupati bersama Pj Ketua TP-PKK, turut hadir di tribun kehormatan Pj Sekda Enrekang, jajaran Forkopimda Kabupaten Enrekang, Ketua DPRD Enrekang, pejabat Pemkab Enrekang, instansi vertikal, BUMD/BUMN, para veteran, tokoh agama dan masyarakat, serta tamu undangan lainnya. Selain itu, juga hadir mantan Bupati Enrekang dua periode Muslimin Bando.

Sementara pada barisan upacara terdiri dari Kidim 1419 Enrekang, Polres Enrekang, Satpol PP, Damkar, Perhubungan, Korpri, PGRI, mahasiswa, organisasi masyarakat, serta perwakilan dari tingkat pendidikan SD, SMP, dan SMA sederajat.

“Setelah upacara selesai, Pj Bupati menyerahkan remisi kepada dua orang narapidana, serta menyerahkan pompa air sebanyak 115 unit kepada satgas. Selain itu, juga dilakukan penyerahan 5 bak kontainer sampah dari Bank Sulselbar kepada Dinas Lingkungan Hidup, dan 12 unit mobil ambulans dari Kementerian Kesehatan kepada Dinas Kesehatan.”

Kegiatan dilanjutkan dengan upacara ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP) Massenrempulu, yang dipimpin oleh Kejari Enrekang, Padeli, S.H. Setelahnya itu, Kejari Enrekang meletakkan karangan bunga di tugu pahlawan. Kemudian, tabur bunga dilakukan oleh jajaran Muspida bersama istri sebagai tanda penghormatan kepada para pahlawan. (*)

banner 650x650