banner 650x65

Enrekang, Katasulsel.com – Penjabat (Pj) Bupati Enrekang, Dr. H. Baba, mengikuti apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Massenrempulu, Kabupaten Enrekang, Sabtu (17/08/2024).

Acara yang digelar tepat pada pukul 00.00 WITA ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Setibanya di lokasi, Pj Bupati H. Baba terlebih dahulu melakukan penghormatan di depan gerbang TMP Massenrempulu. Bupati H. Baba didampingi oleh para pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Ketua DPRD, Pj Sekretaris Daerah Enrekang, Ketua Pengadilan Negeri Enrekang, Ketua Pengadilan Agama Enrekang, dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Apel Kehormatan dan Renungan Suci dipimpin oleh Dandim 1419 Enrekang, Letkol Inf Augustiar Adinegoro, S.Hub. Int. Perwira Upacara adalah Kapten Inf Zainal, jabatan Danramil 1419-02/Enrekang, sementara Komandan Upacara adalah Letda Inf Hamzah Tahir, jabatan Danramil 1419-01/Maiwa.

Dalam naskah yang dibacakan, Dandim 1419 Enrekang Letkol Inf Augustiar Adinegoro menyatakan penghormatan yang tinggi atas jasa-jasa para pahlawan. Dandim 1419 Enrekang merinci bahwa di TMP Massenrempulu terdapat 80 orang pahlawan dari kalangan TNI/POLRI, 5 orang pegawai sipil, 14 orang pejuang rakyat, serta sejumlah pahlawan tak dikenal.

“Kami yang hadir pada hari ini, Sabtu, tanggal 17 Agustus 2024 pukul 00.00 WITA, menggelar upacara untuk memperingati jasa-jasa para pahlawan. Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan, kesucian, dan kehormatan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kemerdekaan negara dan bangsa,” ucap Dandim 1419 Enrekang.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim juga memberikan penghormatan kepada para pahlawan yang tidak dikenal, baik nama maupun tempatnya, dari seluruh pelosok. Dandim 1419 Enrekang turut mendoakan agar para pahlawan diberikan tempat yang layak di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula, dan jalan amal bakti yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga. Kami berdoa semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapat tempat yang layak di sisi-Nya,” lanjutnya.

Setelah pembacaan naskah, Dandim 1419 Enrekang memimpin penyalaan lilin di Tugu Pahlawan, yang kemudian dilanjutkan dengan prosesi mengheningkan cipta. Doa bersama dipandu oleh Abd Hafid. Acara ditutup dengan penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan sebelum rombongan meninggalkan TMP Massenrempulu.

Tampak pada barisan upacara terdiri dari satu peleton Kodim 1419 Enrekang, satu peleton Polres Enrekang, dan satu peleton Satpol-PP Enrekang. Sementara itu, di sisi makam pahlawan, tampak barisan Pramuka yang bertugas menyalakan lilin. (*)

banner 650x650