banner 650x65

Jakarta, Katasulsel.com — Bahlil Lahadalia, Menteri Investasi yang baru saja berpindah ke kursi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), tampaknya sedang menjalani salah satu perjalanan politik yang paling mulus dalam sejarah Partai Golkar.

Saat banyak yang berpikir bahwa jalannya menuju kursi Ketua Umum Partai Golkar akan penuh tantangan, kenyataannya justru sebaliknya.

Bahkan, Bahlil saat ini berada di ambang kemenangan tanpa perlu mengeluarkan keringat—sebuah situasi langka dalam dunia politik yang penuh intrik ini.

Dalam sebuah pernyataan mengejutkan yang disampaikan Ketua Dewan Pembina Badan Pemenangan Pemilu (Bapillu) Idrus Marham, Bahlil Lahadalia diperkirakan akan diangkat secara aklamasi sebagai Ketua Umum Golkar pada Musyawarah Nasional (Munas) yang akan digelar besok, 20 Agustus.

“Insya Allah, tanpa mendahului takdir Tuhan, Bahlil Lahadalia akan terpilih secara aklamasi,” tegas Idrus dalam konferensi pers di Matraman, Jakarta, Senin, 19 Agustus 2024

Namun, di balik dukungan kuat dari 37 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) yang telah menyatakan kesetiaannya, muncul suara kontroversial dari Idrus sendiri.

Dia mengingatkan bahwa keputusan secara musyawarah mufakat harus didahulukan, dan menyebutkan bahwa aklamasi bisa jadi “racun” yang merusak nilai demokrasi.

banner 650x650